Hagia Sophia

23 February 2023

Tentang Biaya Pengobatan Bayi Obesitas, Ini Kata Menkes

Menkes harap pengobatan bayi Kenzie bisa ditanggung BPJS. Foto: Pradita Utama

Muhammad Kenzie Alfaro, bayi berumur satu tahun empat bulan yang viral akibat mengalami obesitas dikabarkan sudah didatangi puskesmas untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Bayi asal Kabupaten Bekasi itu didatangi puskemas karena sudah lama tidak melakukan kontrol. Pitriah, Ibunda Kenzie, mengaku tidak kuat menggendong buah hatinya itu ke posyandu.

Pitriah berharap Kenzie bisa mendapatkan bantuan pengobatan dari pemerintah setempat agar anaknya bisa kembali sehat dan bertumbuh normal.

"Kalau ada yang bisa bantu, bantu tuker susunya gitu. Bantu buat pengobatan juga," ucap Pitriah.

Menanggapi kasus tersebut, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut kepada pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Bupati Kota Bekasi.

"Kalau kelebihan seperti itu dia harus dirawat, itu pasti ada sesuatu. Itu dirawat ke BPJS," ujar Budi Gunadi ketika ditemui detikcom di kawasan Jakarta Pusat.

"Nanti saya akan telpon, saya akan minta tolong untuk diperhatikan. BPJSnya, harusnya sih kita 'kan sudah 99 persen, harusnya sudah dicover BPJSnya. Kalau nggak dicover, nanti kita bantu," lanjutnya.

Kenzie mulai mengalami pertumbuhan yang tak wajar ketika memasuki usia 6 bulan. Berat badannya terus bertambah secara tak wajar.

Sehari-hari, Kenzie memang diberikan asupan susu kental manis (SKM) atau creamer sebagai pengganti susu. Hal ini dilakukan karena kondisi ekonomi yang terbatas.

Selain itu, Pitriah juga mengaku memiliki kondisi kesehatan yang menghambatnya dalam memberikan asupan ASI untuk Kenzie sejak lahir. Pitriah memiliki riwayat pengobatan batu empedu yang menyebabkan ASInya tak bisa keluar.

Hal ini turut berdampak terhadap pertumbuhan Kenzie yang tidak optimal. Menyentuh usia 16 bulan, ia masih belum bisa berbicara dan berjalan ataupun merangkak layaknya anak seusianya.

"Ngesot. Jadi duduk, pindah kesini gitu. Nggak merangkak. Dia gitu, pertumbuhannya beda sendiri," papar Pitriah, menjelaskan kondisi anaknya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Minta Biaya Pengobatan Bayi Obesitas di Bekasi Ditanggung BPJS"