Hagia Sophia

23 February 2023

Liga Champions: Inter Milan Menang Atas Porto 1-0

Inter Milan menang 1-0 atas Porto di leg pertama babak 16 besar Liga Champions berkat gol Romelu Lukaku (Foto: AFP via Getty Images/MARCO BERTORELLO)

Inter Milan meraih kemenangan 1-0 atas Porto di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Bermain di kandang sendiri, Inter menang berkat gol Romelu Lukaku.

Laga Inter vs Porto di leg pertama babak 16 besar Liga Champions digelar di Giuseppe Meazza, Kamis (23/2/2023) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Kebuntuan baru terpecah pada menit ke-86. Romelu Lukaku memberi Inter keunggulan lewat golnya pada menit ke-86.

Kemenangan ini jadi modal positif Inter untuk menghadapi leg kedua di markas Porto. Inter akan melawat ke Portugal pada 14 Maret.

Jalannya Pertandingan

Inter beberapa kali menyerang lewat sayap. Umpan-umpan silang dilepaskan ke kotak penalti, tapi belum membuahkan hasil.

Porto mendapat peluang untuk membuka keunggulan. Otavio menyodorkan bola kepada Taremi yang kemudian mengoper kepada Grujic dengan tumit. Grujic melepaskan tembakan tapi diblok oleh Onana.

Gawang Inter sempat terancam setelah Bastoni kehilangan bola di area pertahahan sendiri. Namun Darmian dengan cepat menghalau bola sebelum melewati garis gawang.

Diogo Costa menggagalkan peluang Inter di injury time. Dari tendangan bebas di sisi kanan, bola dari Dimarco diteruskan oleh Bastoni dengan sundulan. Costa menunjukkan refleks bagus dengan menepisnya.

Pertandingan masih berjalan dengan tempo tinggi di babak kedua. Inter mendapat peluang lewat Nicolo Barella. Menerima umpan lambung, Barella melepaskan tembakan dengan kaki kanan yang mengarah ke tiang jauh. Upaya Barella itu melebar tipis dari gawang Porto.

Porto menyerang balik usai Inter mendapat tendangan bebas. Pepe menyodorkan bola kepada Taremi yang kemudian berhadapan satu lawan satu dengan Onana. Tendangan Taremi masih bisa ditepis Onana.

Serangan Porto membuat lini belakang Inter dan Onana harus bekerja keras. Tembakan Sanusi diblok oleh Skriniar. Onana kemudian melakukan dua penyelamatan sekaligus dari upaya pemain Porto yang memanfaatkan bola muntah.

Peluang didapat Inter. Brozovic dan Calhanoglu bekerja sama dan kemudian menyodorkan bola kepada Lukaku. Lukaku melepaskan umpan ke depan gawang, tapi Lautaro yang sudah menjatuhkan diri gagal menjangkau bola.

Porto harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-78. Otavio mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran kepada Calhanoglu.

Gol! Lukaku memecah kebuntuan Inter pada menit ke-86. Menerima umpan silang dari Barella, Lukaku menanduk bola tapi bola membentur tiang gawang. Lukaku kemudian bereaksi dengan cepat menendang bola muntah untuk menjebol gawang Porto.

Susunan Pemain

Inter Milan: Andre Onana; Milan Skriniar, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni; Matteo Darmian, Nicolo Barella, Hakan Calhanoglu, Henrikh Mkhitaryan (Brozovic 72'), Federico Dimarco (Gosens 58'); Lautaro Martinez, Edin Dzeko (Lukaku 58')

Porto: Diogo Costa; Joao Mario (Borges 90+2'), Pepe, Ivan Marcano, Zaidu Sanusi; Otavio, Mateus Uribe, Marko Grujic, Galeno (Evanilson 51'); Mehdi Taremi, Pepe Aquino




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Inter Vs Porto: Lukaku Menangkan Nerazzurri"