Hagia Sophia

23 February 2023

Neymar Alami Robek Ligamen, Masih Bisa Main Sepakbola?

Neymar alami cedera robek ligamen. Foto: Marc Atkins/Getty Images

Pemain sepakbola klub Paris Saint-Germain (PSG), Neymar mengalami robek ligamen pada pergelangan kakinya yang cedera saat melawan Lille, Minggu (19/2/2023) malam. Ia terancam absen melawan Bayern Munich dalam leg kedua 16 besar Liga Champions, pada 8 Maret mendatang.

Adapun kabar soal cedera yang dialami striker tersebut diumumkan langsung oleh PSG melalui keterangan resminya.

"Dari hasil pemeriksaan hari ini dikonfirmasi pergelangan kaki Neymar yang bengkak mengalami robek ligamen," demikian pernyataan resmi PSG, dikutip AFP, Rabu (22/2).

Akibat kondisinya itu, Neymar harus ditandu keluar saat PSG melumat Lille 4-3 pada laga lanjutan Liga Prancis, Minggu (19/2).

Lantas, apakah Neymar masih bisa bertanding?

Dokter spesialis ortopedi dan traumatologi konsultan foot and ankle, dr Astuti Pitarini, SpOT (K), menjelaskan bahwa robekan ligamen dibagi menjadi tiga, yakni robekan ringan, sedang, dan berat.

Pasien yang mengalami robekan ringan sampai sedang biasanya tak membutuhkan tindakan operasi, dan hanya membutuhkan fisioterapi sampai pulih hingga kembali ke kompetisi pertandingan.

Apabila robekan ligamen yang dialami tergolong berat atau robek full total, biasanya membutuhkan tindakan operasi untuk dijahit.

Menurut dr Astuti, bagi atlet yang mengalami robekan atau cedera masih bisa kembali ke kompetisi pertandingan. Meskipun demikian, pasien harus menjalani istirahat sebelum kembali bertanding.

"Kalau pada robek ringan dan sedang, kita pasang target untuk beraktivitas untuk bertanding itu 4 sampai 6 minggu Kalau butuh operasi biasanya targetnya lebih lama, mungkin istirahatnya bisa butuh satu season. Biasanya 6 sampai 9 bulan," imbuhnya saat ditemui di Jakarta Selatan, Rabu (22/2)

"Targetnya untuk return to competition kalau untuk atlet bisa sampai 9 bulan. Kalau cukup berat biasanya 12 bulan sampai 1 tahun untuk return to competition. Untuk non-atlet return untuk sport aja itu bisa di bulan kedelapan, dan kesembilan," tuturnya lagi.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Alami Robek Ligamen Seperti Neymar, Masih Bisa Bertanding? Begini Kata Dokter"