Hagia Sophia

23 February 2023

Elon Musk: Manusia ke Mars 10 Tahun Lagi

Elon Musk Yakin Manusia ke Mars 10 Tahun Lagi. Foto: Business Insider/Reuters/ Steve Nesius

Uji coba pesawat luar angkasa SpaceX berlangsung mulus. Elon Musk sebagai CEO SpaceX optimistis dan sangat yakin manusia bisa pergi ke Mars 10 tahun lagi.

Dikutip dari Insider, Rabu (22/02/2023), dalam salah satu tweet-nya, orang terkaya dunia itu mengatakan jika suatu hari, kapal luar angkasa akan membawa manusia ke Mars.

Cuitan itu ia sampaikan dengan membalas tweet akun Twitter @SpaceX yang memposting video kesuksesan uji coba pesawat luar angkasa SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa milik Elon Musk.

Pesawat luar angkasa tersebut diklaim SpaceX sebagai kendaraan terkuat karena dapat mengangkut kru dan kargo untuk dibawa ke orbit Bumi, Bulan, Mars, bahkan bisa lebih jauh lagi.

Musk merespons salah satu pengguna yang menanyakan kapan manusia bisa pergi ke Mars, "5 tahun itu mungkin, dan 10 tahun sangat mungkin," balasnya seraya mengakui bahwa pada dasarnya dia adalah seorang yang sangat optimistis sejak lahir.

Dalam tayangan video yang ditampilkan SpaceX, teknisi melakukan uji coba pesawat luar angkasa, dan Musk menyatakan bahwa 31 dari 33 mesin pesawat berhasil menyala bersamaan. Satu mesin dimatikan oleh tim sebelum start dan satu lainnya berhenti sendiri.

"Tapi itu masih mungkin untuk mencapai orbit," ujar Elon Musk dalam tweetnya.

Terkini, Musk memprediksi jika manusia bisa mendarat di Mars tahun 2029, mundur 4 tahun dari prediksinya di tahun 2016 yang pernah menyebut manusia akan mencapai Mars di tahun 2025.

Musk mengungkapkan visinya di tahun 2020, bahwa ia ingin membangun kota dengan satu juta penduduk di Mars pada tahun 2050. Selain itu, Elon Musk ingin membuat 1.000 pesawat luar angkasa dan melakukan tiga kali peluncuran ke luar angkasa tiga kali sehari, agar siapapun bisa melakukan perjalanan ke Mars nantinya.

"Akan ada banyak pekerjaan di Mars," pungkas Musk.























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Elon Musk Yakin Manusia ke Mars 10 Tahun Lagi"