Hagia Sophia

23 February 2023

Liga Champions: RB Leipzig Imbangi Manchester City 1-1

Manchester City ditahan tuan rumah RB Leipzig 1-1 di leg I babak 16 besar Liga Champions. (Foto: REUTERS/ANNEGRET HILSE)

Tidak ada pemenang di antara duel RB Leipzig vs Manchester City di leg I babak 16 besar Liga Champions. Kedua tim bermain sama kuat dengan skor akhir 1-1.

RB Leipzig menjamu Man City di Red Bull Arena pada Kamis (23/2/2023) dinihari WIB. The Citizens unggul lebih dulu berkat gol Riyad Mahrez di babak pertama.

Namun, Leipzig membuat Man City kewalahan setelah turun minum. Die Roten Bullen tampil dominan sebelum akhirnya menciptakan gol balasan dari Josko Gvardiol.

Selanjutnya kedua tim akan menentukan nasibnya di pertandingan penentuan. Man City gantian menjadi tuan rumah saat RB Leipzig menyambangi Stadion Etihad untuk melakoni leg II pada awal Maret.

Jalannya Pertandingan

Man City menguasai bola, tapi peluang pertama baru hadir pada menit ke-14. Crossing Riyad Mahrez ke tengah kotak penalti disambut Ruben Dias dengan sundulan. Bola dengan mudah ditangkap Janis Blaswich.

GOL! Manchester City memecah kebuntuan di menit ke-27. Riyad Mahrez membobol gawang RB Leipzig untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Operan Xaver Schlager dipotong Ilkay Guendogan lalu diteruskan dengan umpan terobosan ke depan. Mahrez mengecoh lini belakang Leipzig sebelum menyelesaikan dengan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Sebuah peluang berbahaya diciptakan Man City tiga menit berselang. Sebuah sepak pojok ditanduk Rodri kemudian bola bergulir di depan gawang Leipzig. Erling Haaland berdiri di dekat tiang jauh gagal menjangkau bola.

Bernardo Silva melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti lalu mengirim operan kepada Grealish yang tidak terkawal di sisi kiri. Pemain yang disebut terakhir meneruskan dengan tembakan tapi bola melenceng.

RB Leipzig akhirnya bisa keluar dari tekanan untuk menciptakan peluang. Timo Werner lolos dari kawalan lini belakang Man City melepaskan tembakan kaki kanan walau Ederson masih sigap menangkap bola. Babak pertama selesai, skor 1-0 untuk keunggulan Man City tetap bertahan.

Usai turun minum, RB Leipzig nyaris mencetak gol penyama. Sundulan Benjamin Henrichs mengalahkan penjagaan Ederson tapi bola hanya bersarang di sisi atas jala gawang Man City.

Henrichs membuang peluang emas lainnya. Dominik Szoboszlai melepaskan umpan silang mendatar yang menempatkan Henrichs satu lawan satu dengan Ederson. Henrichs meneruskan tendangan tendangan ke tiang jauh, bola melebar tipis!

GOL! RB Leipzig menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-70. Di awali situasi sepak pojok Marcel Halstenberg melepaskan umpan lambung ke depan gawang. Josip Gvardiol melompat tinggi-tinggi untuk menyambut bola dengan tandukan yang mengalahkan penjagaan Ederson.

Tiga menit berselang, Manchester City menekan RB Leipzig. Grealish melewati Henrichs sebelum mengirim umpan kepada Ilkay Guendogan. Pemain yang disebut terakhir meneruskan dengan tembakan first-time yang memaksa Blaswich melakukan penyelamatan bagus.

Di masa injury time, ancaman Man City dari sepak pojok ditangkal Blaswichh. RB Leipzig kemudian mencoba melakukan serangan balik cepat tapi gagal menciptakan peluang setelah wasit meniup peluit panjang.

Skor 1-1 bertahan sampai pertandingan selesai.

Susunan Pemain

RB LEIPZIG: Janis Blaswich, Halstenberg (Raum 89'), Orban, Klostermann (Heinrichs 46'), Gvardiol, Forsberg (Nkunku 66'), Laimer, Schlager (Haidara 82'), Szoboszlai, Andre Silva (Poulsen 82'), Timo Werner

MANCHESTER CITY: Ederson, Walker, Ake, Ruben Dias, Akanji, Guendogan, Rodri, Bernardo Silva, Grealish, Mahrez, Haaland
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "RB Leipzig Vs Man City Tuntas 1-1"