Hagia Sophia

20 March 2023

Aktor Jurassic Park Sempat Idap Kanker Darah Stadium 3

Aktor film Jurassic Park Sam Neill mengidap kanker darah stadium 3. (Foto: Getty Images for AFI/Rocket K)

Bintang film Jurassic Park Sam Neill buka-bukaan pernah menjalani pengobatan penyakit kanker darah. Ia terkena kanker darah limfoma sel T angioimmunoblastik, jenis limfoma Non-Hodgkin yang langka.

Bercerita kepada The Guardian, bahwa Neil menggunakan obat kemoterapi yang relatif baru. Dia harus mengonsumsi obat tersebut setiap bulan selama sisa hidupnya.

Pengakuannya ini dia sampaikan melalui memoar tentang dirinya yang akan segera terbit.

Neill, 75, menulis dalam memoarnya bahwa dia pertama kali didiagnosis menderita kanker pada Maret 2022. Pada saat itu, dia berada di Los Angeles untuk mempromosikan "Jurassic World Dominion" ketika dia menyadari bahwa dia mengalami pembengkakan kelenjar getah bening.

Meski demikian, Neil saat ini menyatakan dirinya sudah benar-benar bebas kanker darah.

"Saya tidak takut mati, tapi itu akan mengganggu saya. Karena saya sangat ingin hidup satu atau dua dekade lagi," beber Neill.

Setelah didiagnosis, Neill mengatakan dia menjalani dua jenis kemoterapi yang akhirnya menyembuhkan kankernya. Dia masih menerima perawatan bulanan untuk memulihkan kondisinya.

"Saya tidak lolos begitu saja, tetapi tidak ada kanker di tubuh saya."

Limfoma angioimunoblastik adalah jenis limfoma non-Hodgkin (NHL) yang langka. Ini adalah limfoma tingkat tinggi (agresif) yang mempengaruhi sel darah yang disebut sel T.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Aktor Jurassic Park Sam Neill Curhat Sempat Idap Kanker Darah Stadium 3"