Hagia Sophia

20 March 2023

Susah untuk Bangun Pagi? Coba Cara Ini

Ilustrasi morning person. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat)

Kebiasaan bangun pagi disebut-sebut sebagai salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh orang-orang sukses. Bukan tanpa alasan, dengan bangun lebih pagi berarti kita dapat mengawali hari lebih awal dan menjadi lebih produktif. Namun, kebiasaan ini dianggap menantang untuk dijalani. Secara teori memang terlihat mudah, tetapi banyak yang gagal ketika mempraktikkan hal ini.

Tak perlu khawatir, jika bertekad ingin mengubah kebiasaan bangun tidur menjadi lebih pagi, dr Reinita Arlin host sekaligus Putri Pariwisata Indonesia & Miss Tourism Asia 2012 membagikan tipsnya.

"Ini kita bicara soal membangun habit ya. Pasti awal-awal tuh akan ngerasa duh sulit banget gitu kan makanya kadang-kadang kalau kita tuh akan lebih bagus kalau dipaksain lebih dulu. Nanti lama-lama tubuh ini bakal 'oh ini orang pengennya bangunnya jam sekian," ungkapnya, Kamis (16/3).

Beberapa langkah yang dianjurkan untuk menjadi morning person adalah dengan mengatur alarm atau meminta dibangunkan.

"Salah satunya bisa pake alarm atau mungkin pada saat bangun paginya minta tolong orang bangunin, ini bisa diatur. Cuman pastikan bahwa jam tidurnya, kuantitasnya itu cukup dan kualitasnya cukup. Karena mau kita atur supaya jadi morning person," jelasnya.

Memang, ketika menjalani kebiasaan ini pastinya akan merasa kesulitan. Untuk menangani rasa kantuk yang dialami, dr Arlin menganjurkan untuk melakukan aktivitas yang dapat membuat tubuh terbangun.

"Bangun tidur di hari-hari pertama, hari-hari kedua tuh pasti berat banget. Nah biar ga ngantuk, langsung lakukan apa misalnya olahraga, melakukan aktivitas yang bikin kita awake. Bisa juga lakukan seperti baca buku. Jangan scrolling hp itu nanti tidur lagi jadinya," ungkapnya.

Selain itu, dianjurkan pula untuk mengatur jam tidur siang supaya di hari itu tubuh tidak terasa mengantuk.

"Nanti nap-nya juga diatur jamnya. Sampai kita tidur untuk di harus selanjutnya itu harus di jam yang sama juga," sebutnya.

"Memang merubah habit kita udah sekian tahun itu susah, cuman Insya Allah pasti bisa," pungkasnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Susah Banget Bangun Pagi? Mungkin Bisa Coba Cara Ini"