Hagia Sophia

20 March 2023

Menkes Akan Ketemu Dirjen WHO Bulan Ini, Status Pandemi Dicabut?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut akan bertemu WHO bulan Maret 2023. (Foto: Nafilah Sri Sagita K/detikHealth)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berencana bertemu dengan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Maret 2023 untuk membahas status pandemi COVID-19.

Ia berencana menyampaikan usulan waktu pendeklarasian akhir pandemi COVID-19 kepada WHO. Mengingat WHO yang berwenang mendeklarasikan status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

"Ketemu WHO bulan Maret ini, doain ya," ungkap Menkes Budi yang ditemui awak media usai gelaran Penghargaan PPKM Award di Kementerian Keuangan Jakarta, Senin (20/3/2023)

Di samping itu Menkes juga berharap agar hasil pembicaraannya dengan WHO sesuai dengan keinginan seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami juga mau bujuk Pak Tedros untuk tarik status pandemi COVID-19 di 17 Agustus 2023, karena itu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Walau belum tentu berhasil, tapi setidaknya ada bagusnya jika disampaikan," pungkas Menkes.

Sebelumnya, Menkes menyebut situasi COVID-19 di Indonesia semakin membaik bahkan nihil lonjakan atau gelombang baru di tengah masuknya varian COVID-19 seperti Kraken hingga Orthrus.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Bakal Ketemu WHO Bulan Ini, Bahas Apa?"