Hagia Sophia

20 March 2023

Liga Jerman: Bayer Leverkusen Unggul Atas Bayern Munich 2-1

Foto: REUTERS/THILO SCHMUELGEN

Bayern Munich melewatkan kesempatan kembali ke puncak klasemen Liga Jerman. Bayern membuang keunggulan satu gol sebelum akhirnya kalah melawan Bayer Leverkusen.

Bayern menyerah 1-2 saat menyambangi Leverkusen di BayArena, Minggu (19/3/2023). Die Roten sempat unggul melalui Joshua Kimmich di babak pertama, namun gagal membendung comeback Leverkusen usai turun minum.

Exequiel Palacios menjadi pahlawan Die Werkself usai mencetak dua gol penalti dalam 18 menit.

Kekalahan ini membuat Bayern Munich gagal menggusur Borussia Dortmund di puncak. Bayern nangkring di posisi kedua klasemen dengan perolehan 52 poin dari 25 pertandingan, terpaut satu angka dari Dortmund. Sedangkan Leverkusen naik ke urutan delapan dengan 37 poin, terpaut tiga poin dari Eintracht Frankfurt di zona kompetisi Eropa.

Bayern secara umum kesulitan menghadapi Leverkusen. Meski demikian, Bayern berhasil unggul lebih dulu berkat gol Kimmich setelah 22 menit.

Gocekan Benjamin Pavard diteruskan Joao Cancelo dengan umpan silang dari sayap kanan. Bola diterima Leon Goretzka di depan gawang lalu disodorkan kepada Kimmich untuk diselesaikan dengan tembakan dari dekat titik penalti. Keunggulan Bayern 1-0 bertahan sampai half-time.

Leverkusen dihadiahi penalti setelah pelanggaran Pavard terhadap Amine Adli. Palacios mengecoh Yann Sommer dengan melepaskan tembakan mendatar ke sisi kanan gawang Bayern. Skor 1-1 di menit ke-55.

Kurang dari 20 menit kemudian, wasit kembali menunjuk titik putih untuk Leverkusen. Menyusul tekel ceroboh Dayot Upamecano kepada Adli. Palacios mengirim bola ke sisi kiri gawang Bayern, Sommer berhasil menebak arah bola tapi tak sanggup menangkisnya.

Leverkusen berbalik mengungguli Bayern 2-1, yang sekaligus menjadi kedudukan akhir pertandingan.

Susunan Pemain

Bayer Leverkusen: Hradecky, Frimpong, Tapsoba, Kossounou, Hincapie, Demirbay, Andrich, Palacios, Wirtz (Hlozek 41'), Diaby (Tah 90+1'), Adli (Bakker 84')

Bayern Munich: Yann Sommer, Joao Cancelo (Coman 46'), Pavard (Stanisic 56'), Upamecano, De Ligt, Davies, Goretzka (Tel 76'), Kimmich, Mueller (Musiala 46'), Mane (Gnabry 46'), Sane























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Leverkusen Vs Bayern: Die Roten Tumbang 1-2, Gagal Gusur Dortmund"