Hagia Sophia

26 March 2023

Tips untuk Sembuhkan Sariawan dalam 5 Menit

Foto: iStock

Sariawan adalah kondisi yang umum terjadi dan dapat menyebabkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada mulut. Bagi kamu yang sedang mengalami kondisi ini, tenang saja karena ada cara menyembuhkan sariawan dalam 5 menit.

Nah, dalam artikel ini kita akan mengetahui cara menyembuhkan sariawan dalam 5 menit. Untuk kamu yang ingin tahu bagaimana caranya, mari simak pembahasannya di bawah ini!

Penyebab Sariawan

Sariawan yang terjadi di sekitar mulut tentu terjadi karena disebabkan oleh berbagai macam faktor. Dikutip dari laman Cleveland Clinic, berikut ini adalah beberapa penyebab sariawan
  • Gesekan benda keras pada bagian dalam mulut.
  • Tidak sengaja tergigit atau terkena behel.
  • Konsumsi makanan yang terlalu asam.
  • Terkena penyakit yang melemahkan daya tahan tubuh.
  • Kekurangan vitamin B12, seng, asam folat, dan zat besi.
Cara Menyembuhkan Sariawan dalam 5 Menit

Sariawan sebenarnya merupakan suatu kondisi yang dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, kamu bisa membuat sariawan menjadi lebih cepat sembuh dengan melakukan beberapa hal, berikut penjelasannya.

1. Gunakan Obat Sariawan
Dilansir dari laman National Health Service UK, menggunakan obat khusus sariawan merupakan cara paling ampuh dalam mengatasi kondisi ini. Ada berbagai obat sariawan khusus dalam bentuk krim, salep, gel, atau cairan yang bisa kamu dapatkan di apotek terdekat.

Beberapa obat tersebut biasanya mengandung antiseptik yang bekerja dalam mengatasi infeksi kuman dalam mulut. Untuk menggunakannya, kamu perlu mengikuti petunjuk penggunaan atau resep yang sudah diberikan oleh ahli kesehatan.

2. Berkumur Air Garam
Garam merupakan bahan alami yang bisa membantu mengurangi peradangan serta membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan. Garam yang dicampurkan dengan segelas air, dapat digunakan untuk berkumur dalam rangka menyembuhkan sariawan dengan cepat.

3. Obat Kumur
Obat kumur yang bersifat antiseptik dapat membasmi bakteri penyebab sariawan serta mencegah infeksi menjadi semakin parah. Obat kumur ini dijual dengan bebas sehingga kamu bisa mendapatkannya dengan mudah.

4. Sikat Gigi dengan Lembut
Untuk merawat kesehatan mulut, pilihlah sikat gigi yang bulunya lembut. Hal ini berfungsi untuk menjaga dinding bagian dalam mulut agar tidak terluka yang disebabkan oleh gesekan dari bulu sikat yang keras.

5. Minum Teh Chamomile dan Madu
Campuran teh chamomile dan madu merupakan salah satu obat sariawan yang cukup ampuh. Campuran keduanya dapat mengobati sariawan dengan cepat dan aman.

Hangatnya teh chamomile akan mengurangi peradangan pada luka akibat sariawan. Madu juga memiliki kandungan antiseptik yang bisa meredakan peradangan dengan cepat.

6. Konsumsi Vitamin B12
Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B12 bisa membantu untuk memperbaiki kondisi sariawan. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B12 dari daging, ikan, telur, dan produk susu.

7. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu
Beberapa makanan tertentu perlu dihindari oleh seseorang yang sedang mengalami sariawan. Makanan yang terlalu pedas, asin, dan asam dapat mengiritasi infeksi sariawan sehingga proses penyembuhannya menjadi lebih lama.

Nah, itulah dia pembahasan mengenai cara menyembuhkan sariawan dalam 5 menit. Cara di atas dapat digunakan untuk membasmi sariawan di mulut yang begitu mengganggu.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Menyembuhkan Sariawan dalam 5 Menit, Langsung Reda Sakitnya!"