Hagia Sophia

26 March 2023

David Ozora, Korban Mario Dandy Alami Cedera Otak Parah

Paman David, Rustam Hatala (Vivi/detikcom)

Pihak keluarga menjelaskan hasil diagnosa dokter terhadap Cristalino David Ozora (17) alias David, yang dianiaya anak mantan pejabat Pajak, Mario Dandy Satriyo (20). Keluarga mengatakan David didiagnosis mengalami cedera otak parah.

"Ya sebenarnya kemarin kita sudah dapat (diagnosis dokter), lebih ke cedera otak parah," kata paman David, Rustam Hatala, kepada wartawan di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (25/3/2023).

Rustam mengatakan kondisi David belum sadar sepenuhnya meski luka fisik pada tubuhnya sudah sembuh. Dia menyebut pihak keluarga belum mengetahui rinci kondisi cedera otak yang dialami David.

"Memang belum sama sekali sadar. Kalau secara fisik itu kan luka-luka sudah sembuh semua ya di luar. Tapi lebih ke cedera di dalam yang memang kita belum tahu kondisinya seperti apa," terangnya.

Rustam mengatakan kondisi David mengalami perkembangan pada hari ke-33 menjalani perawatan intensif. Mata David mulai merespons gerakan.

"Sebenarnya ada satu perkembangan bagus di hari ini itu, jadi dari penglihatan ya, respons David ya. Jadi matanya mulai ada respons mengikuti gerakan dibanding sebelumnya," ungkap Rustam.

Selain itu, David disebut mengalami peningkatan durasi berdiri berkat fisioterapi. Kini David bisa melatih otot kaki dengan berdiri selama 20 menit.

"Jadi kalau sebenarnya kita lihat fisik David itu mulai kurus ya, mengecil ya. Kayak misalkan kaki-kakinya itu kan kalau yang saya ketahui karena jarang digerakin, jadi mulai menyusut, makanya tim dokter selalu melakukan fisioterapi biar ototnya bergerak terus," ujar Rustam.

"Jadi setiap pagi setiap sore itu tangan-kakinya digerakin, termasuk tadi, dibiasakan untuk berdiri. Bahkan tadi itu sampai sekitar 20 menit dilatih berdirinya biar nggak kaku," sambungnya.

Penganiayaan David oleh Mario Dandy Satriyo (20) terjadi pada Senin (20/2) malam. Saat itu, David sedang bermain ke rumah temannya berinisial RZ.

Selain Mario Dandy, polisi menetapkan Shane Lukas (19) sebagai tersangka. Sementara itu, AG, yang merupakan pacar Mario Dandy, ditetapkan sebagai anak berkonflik hukum.

























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Keluarga Sebut David Korban Mario Dandy Alami Cedera Otak Parah"