Hagia Sophia

26 March 2023

Harus Minum Berapa Gelas Air Saat Sahur dan Buka Puasa?

Tips agar tidak lemas saat berpuasa. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/fizkes)

Ketika puasa, tubuh rentan mengalami dehidrasi karena menahan haus dan lapar. Oleh karena itu, sahur dan buka puasa merupakan ajang memenuhi kebutuhan cairan sebelum menjalani ibadah puasa sepanjang hari.

Lantas biar kebutuhan air tetap tercukupi, harus minum berapa gelas air saat sahur dan berbuka puasa?

Spesialis gizi dr Christopher Adrian, M Gizi, SpGK dari RS Siloam TB Simatupang menyarankan, konsumsi 8 gelas air sehari untuk mencegah dehidrasi. Memanf, total 8 gelas bukan jumlah yang tetap, melainkan dihitung sesuai kebutuhan cairan harian. Manusia memiliki jumlah kebutuhan cairan harian sekitar 30-40 ml per kilogram berat badan.

"Misalnya berat badan saya 50 kg. Kita kali 30 ml, 1500 ml. Kita kali 40 ml, 2 liter. Berarti kebutuhan cairan harian kita 1.500 ml sampai 2 liter. Anggaplah satu gelas itu 200 ml ya. 8 x 200 ml 'kan 1.600 ml. Terpenuhi," papar dr Christopher kepada detikcom, Jumat (17/3/2023) di RS Siloam TB Simatupang.

Saat berpuasa, penting untuk mengatur waktu minum air putih saat sahur dan berbuka puasa. Dimulai dari waktu sahur, minumlah air putih ketika bangun tidur sebelum sahur, setelah sahur, dan menjelang imsak.

Kemudian di waktu buka puasa (bedug magrib), minumlah air putih setelah salat magrib, setelah makan berat, setelah isya, dan setelah tarawih.

"Yang penting kecukupan kebutuhan harian dalam satu harinya. Boleh 8, 9, 10. Kalau berat badan semakin besar, kebutuhan cairan semakin tinggi. Makanya bisa sampai 10 gelas per hari. Nah, itu 'kan minimal dengan catatan fungsi ginjalnya masih bagus. Kalau ada pasien-pasien yang bermasalah dengan fungsi ginjal, takaran cairannya tentu kita batasi," jelas dr Christopher.

Pada orang dengan riwayat penyakit ginjal, pembatasan asupan cairan tergantung pada kemampuan ginjal untuk menyaring. Jika volume urine 500 ml per hari, asupan cairan juga dibatasi menjadi 500 ml.

Hal senada disampaikan oleh dokter spesialis gizi dr Beatrice Anggono SpGK dari RS Royal Progress. Ia menegaskan, pentingnya minum air putih untuk menjaga tubuh tetap bugar selama puasa. Kebutuhan cairan minimal juga harus terpenuhi.

"Mungkin sekarang banyak ya kata-kata 2-4-2. Jadi minum air 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, kemudian bisa 2 gelas lagi saat tawarih dan sebelum tidur. Ini minimal harus dipenuhi. Nanti bisa bantu bugar saat berpuasa," bebernya kepada detikcom, Jumat (24/3).



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Biar Tak Lemas saat Puasa, Harus Minum Berapa Gelas Air saat Sahur dan Berbuka?"