Hagia Sophia

26 March 2023

Tips Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa

Foto: Getty Images/iStockphoto/Dima Berlin

Bibir dan kulit yang terasa lebih kering saat puasa merupakan permasalahan yang dialami banyak orang. Hal ini seringkali terjadi lantaran tubuh mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan selama lebih dari setengah hari.

Kulit dan bibir yang terlalu kering bisa menimbulkan rasa tidak nyaman atau bahkan luka dan iritasi.

dr Kevin A Maharis, MD, Dip (Derm) MHA, Medical Director Maharis Clinic memberikan sejumlah tips yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi kulit dan bibir yang kering saat bulan puasa.

Menurut dr Kevin, selama masa puasa, penting untuk lebih memperhatikan asupan kulit dengan menggunakan skincare, terlebih saat sahur di pagi hari dan saat buka puasa di sore hari. Ia juga menyarankan untuk menggunakan produk skincare setelah mandi untuk hasil yang lebih optimal.

"Habis sahur, pas buka, pas kita kena cairan, langsung dilock pakai produk yang bisa sealing off gitu ya, itu penting," ujar dr Kevin, saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2023).

Selain menggunakan produk skincare wajah yang memiliki kemampuan mengunci kelembapan kulit seperti face oil atau minyak wajah, ia juga menjelaskan bahwa asupan makanan juga mempengaruhi kemampuan kulit dalam menyerap cairan.

"Makanan, biasanya kita hindarin makanan-makanan yang bergaram karena garam itu salty food itu buat semakin kering," jelas dr Kevin.

"Karena garam itu kan kaya spons terhadap air. Jadi kalau kita makan (makanan asin) nggak minum kan haus terus tuh, karena dia ngambil cairan dari mana pun, termasuk dari kulit, dari bibir, dan sebagainya," lanjutnya.

Selama berpuasa, asupan cairan dalam tubuh pun tetap harus terpenuhi dengan baik. Ketika cairan dalam tubuh tercukupi, kulit dan bibir akan terjaga kelembapannya.

"Lalu pada saat minum, minumnya dikombinasi sama cairan isotonik. Itu helps karena cairan isotonik itu tipe mineralnya water trapping. Jadi pada saat kita minum, nggak dibuang kemana-kemana (cairannya), tapi di repaint di kulit kita, di tubuh kita," pungkasnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bye-bye Bibir Pecah-Pecah! Ini Cara Atasi Bibir Kering saat Puasa Menurut Dokter"