Hagia Sophia

26 March 2023

Atasi Gangguan Susah Tidur dengan Pola Hidup Sehat

Foto: Getty Images/AsiaVision

Dilansir dari laman resmi kemkes.go.id, Selasa (21/3/2023) gangguan tidur atau insomnia adalah keadaan seseorang yang memiliki kuantitas dan kualitas tidur yang buruk.

Orang yang mengalami kesulitan tidur akan merasa kurang bersemangat pada keesokan harinya, sehingga akan mengganggu aktivitas mereka sehari-hari.

Alhasil, kebanyakan penderita insomnia mencari jalur instan dengan mengonsumsi obat-obatan yang cenderung memiliki efek samping.

Tahukah kamu, detikers, gangguan susah tidur dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup sehat. Simak cara mengatasi susah tidur berikut ini.

Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Pola Hidup Sehat

Untuk mengatasi susah tidur, kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini.

1. Sedikit Bersantai dengan Relaksasi
Cara mengatasi tidur dapat dilakukan dengan aktivitas yoga, mandi air hangat, mendengarkan music, atau menonton film yang kita sukai. Hal ini dapat mempermudah dan mempercepat kita untuk tidur.

2. Membuat Jadwal Tidur
Pastikan untuk memiliki jadwal tidur yang teratur dan tidak berubah-uba. Keadaan tubuh yang terbiasa tidur dan bangun pada jam yang sama sangat bagus untuk mengatasi gangguan tidur bagi kamu yang mengalami insomnia.

3. Buatlah Suasana Kamar Tidur yang Nyaman
Tatalah ruang tidur kamu agar tercipta suasana yang nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak. Hal ini meiliputi suhu ruangan, pencahayaan, kebersihan, suara dalam kamar, hingga kondisi kasurmu.

4. Makan Makanan yang Sehat
Hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur karena dapat menyebabkan kamu akan selalu terjaga.

5. Olahraga
Faktanya, insomnia dapat diatasi jika kita rutin melakukan aktivitas fisik dengan rutin berolahraga dan membuat tubuh kita menjadi bugar.

Olahraga dapat membuat kita menjadi lebih segar di siang hari, sehingga akan terbiasa untuk tidur di malam harinya.

6. Jangan Mengonsumsi Alkohol dan Rokok Sebelum Tidur
Biasakan untuk menghindari alcohol atau rokok yang dapat memperburuk Kesehatan tubuh.

7. Pijatan
Terapi pijat ternyata bermanfaat bagi para pengidap insomnia. Pasalnya, terapi pijatan yang mengurangi capek, pegal, dan nyeri pada tubuh dapat meningkatkan kualitas tidur.

Jenis Gangguan Susah Tidur dengan Gejala Fisik dan Psikisnya

Gejala susah tidur sering kali diakibatkan oleh alasan yang bermacam-macam seperti gaya hidup, kenyamanan ruang tidur, gangguan psikologi, masalah Kesehatan, hingga efek samping obat.

Berikut adalah macam-macam gangguan tidur beserta gejala fisik yang dialami penderita:

1. Insomnia
Istilah yang paling sering kita ketahui ini merupakan gangguan yang dialami seseorang yang sulit tidur atau sulit untuk tetap tidur. Akibatnya, penderitanya akan merasa belum cukup tidur ketika telah terbangun.

Gejala fisiknya yaitu muka pucat, mata sembab, badan lemas dan gampang sakit karena daya tahan tubuhnya yang menurun. Gejala psiksisnya meliputi lesu susah konsentrasi, dan lambat dalam merespon rangsangan.

2. Hipersomnia
Gangguan yang sering disebut dengan narkolepsi ini merupakan keadaan dimana penderitanya tidak dapat menghindari untuk tidur.

Gangguan yang dialami seluruh usia ini dialami penderita yang tidur berlebihan dan selalu mengantuk di siang harinya.

Gejala fisik berupa mengantuk hebat, merasa gugup dan depresi, sering merasa rendah diri, dan immobilisasi tidak mampu bergerak saat awal bangun. Gejala psikisnya seperti halusinasi visual atau audio.

3. Parasomnia
Gangguan susah tidur satu ini sering kali terjadi mendadak dan tidak diinginkan oleh penderitanya, Biasanya terjadi saat seseorang berada pada ambang terjaga dan tidur, dan berbentuk mimpi yang menakutkan.

Gejala fisiknya yaitu bicara atau jalan dalam keadaan tidur dan mendadak duduk ditempat tidur. Sementara, gejala psikisnya yaitu penderitanya jarang mengingat apa yang telah dialaminya.

Dampak Susah Tidur Terhadap Kesehatan

Dikutip dari laman resmi dinkes.kalbarprov.go.id, dampak susah tidur atau insomnia adalah sebagai berikut:
  • Meningkatkan resiko penyakit seperti stroke, asma, kejang, system kekebalan tubuh yang menurun, obesitas, diabetes melitus, hipertensi, hingga penyakit jantung.
  • Resiko terjadinya gangguan mental seperti depresi, mudah gelisah, kebingungan, hingga frustrasi.
  • Menurunnya performa dalam bekerja, sekolah, dan aktivitas sehari-hari lainnya.
  • Menurunnya daya ingatan
  • Mempengaruhi kemampuan dalam pengambilan keputusan
Itulah beberapa cara mengatasi susah tidur secara alami dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan jenis-jenis gangguan tidur yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mengalami insomnia kronis sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Mengatasi Susah Tidur dengan Pola Hidup Sehat"