Hagia Sophia

26 March 2023

Biar Kuat Puasa Seharian, Jam Berapakah Idealnya Makan Sahur?

Tips sahur dari dokter agar nggak gampang lapar saat berpuasa. (Foto ilustrasi: iStock)

Sudah menjadi kewajiban umat Muslim untuk menahan lapar dan haus saat berpuasa di bulan Ramadan. Di samping ibadah, puasa juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, waktu dan pola makan menjadi lebih teratur.

Bagi sebagian orang, menahan lapar dan haus sepanjang hari bukanlah hal mudah. Lantas agar kebutuhan nutrisi tetap tercukupi sembari berpuasa, penting untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dengan gizi baik sewaktu sahur untuk menahan lapar dan haus saat siang hari.

"Waktu sahur usahakan jangan terlalu malam, lebih baik mendekati waktu subuh. Jadi, semakin kita dekat dengan waktu subuh, semakin baik sahur kita," kata dr Aru Ariadno, SpPD KGEH dari Rumah Sakit Brawijaya Depok yang ditemui detikcom , Selasa (21/3/2023).

Di samping itu, menjalankan sahur berdekatan dengan waktu sholat subuh juga membantu seseorang untuk tidak langsung tidur setelah makan dan ketinggalan waktu sholat subuh. Apalagi, kebiasaan langsung tidur setelah makan bisa memicu masalah pencernaan.

"Usahakan jangan terlalu makan makanan yang berlemak, terlalu merangsang, terlalu pedas. Tapi tinggi serat, sayur, buah. Tujuannya supaya waktu masalah di perut itu, di usus lebih lambat, jadi rasa lapar itu lebih lambat," beber dr Aru.

Menurut dr Aru, mengkonsumsi makanan yang tinggi serat mampu menahan rasa lapar karena proses pencernaan menjadi lebih lama. Oleh karena itu, saat sahur perbanyak konsumsi sayuran dan buah.

Tak hanya itu, kebutuhan tubuh akan cairan juga perlu dicukupi untuk menghindari dehidrasi. Cara ini dapat dilakukan dengan minum air putih yang banyak setiap harinya. Selain itu, hindari minum kopi saat sahur karena kandungan kafein pada kopi justru memicu rasa haus yang berlebih.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Biar Nggak Gampang Lapar Seharian, Paling Pas Makan Sahur Jam Berapa Ya?"