Hagia Sophia

01 May 2023

Tips untuk Atasi Udara Panas Agar Tetap Sejuk Walau Tanpa AC

Ilustrasi. Ada beberapa cara agar tubuh tetap sejuk meski tanpa AC yang bisa dilakukan di tengah udara panas. (iStockphoto/Pheelings Media)

Menghadapi udara panas tanpa pendingin ruangan (AC) akan terasa begitu menyiksa. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa cara agar tubuh tetap sejuk tanpa AC.

Udara panas kini tengah melanda sebagian wilayah Indonesia. Pada beberapa lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat rekor suhu udara tertinggi di Indonesia bahkan mencapai 37 derajat Celcius.

Udara panas itu tak ayal membuat tubuh mengeluarkan keringat berlebih. Badan juga jadi terasa lengket dan suhu tubuh pun meningkat.

Kabar baiknya, Anda juga bisa membuat tubuh tetap sejuk meski tanpa AC. Anda cukup menggunakan beberapa persediaan dasar yang ada di rumah.

Berikut beberapa cara di antaranya, merangkum berbagai sumber.

1. Mandi air dingin

Mandi dengan air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Namun, hindari air yang sangat dingin.

Untuk sensasi yang lebih baik, Anda bisa mencoba sabun peppermint. Kandungan mentol dalam peppermint dapat mengaktifkan reseptor otak yang membuat tubuh terasa lebih dingin.

2. Banyak minum

Terhidrasi adalah salah satu cara tetap sejuk tanpa AC. Terhidrasi dengan baik dapat membantu menurunkan suhu tubuh.

Dengan asupan mineral dalam air, tubuh akan mengeluarkan keringat dan dengan sendirinya suhu tubuh pun menurun.

Untuk melawan cuaca panas lebih afdal, Anda bisa meminum air yang disimpan di dalam lemari es dalam waktu lama.

3. Tempelkan handuk basah dan dingin di leher

Paparan air dingin pada kulit dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Anda bisa melakukannya di bagian belakang leher, bawah ketiak, pergelangan tangan, atau selangkangan.

Di keempat area di atas, lokasi pembuluh darah berdekatan dengan kulit. Artinya, rasa dingin akan mengekstrak lebih banyak panas dari tubuh.

Anda bisa menggunakan handuk yang dibasahkan dengan air dingin lalu tempelkan ke area-area yang disarankan.

4. Tutup tirai rumah

Menutup tirai dapat membantu mencegah sinar matahari masuk ke dalam rumah dan membuat ruangan terasa panas. Hal ini utamanya berlaku bagi Anda yang memiliki jendela tepat menghadap ke arah matahari di siang hari.

5. Gunakan pakaian tipis

Tipis bukan berarti transparan. Cobalah pilih pakaian berbahan adem untuk aktivitas harian.

Lapisan pakaian dapat menjebak udara panas dan keringat dalam tubuh. Kenakan pakaian dengan lapisan sesedikit mungkin. Pastikan juga ada aliran udara di dalam pakaian Anda.

6. Beraktivitas di lantai bawah

Cara satu ini berlaku bagi Anda yang memiliki rumah dua lantai atau lebih. Coba perbanyak aktivitas utama di lantai bawah atau dasar.

Beraktivitas di lantai bawah umumnya akan terasa lebih sejuk daripada di atas. Pasalnya, udara panas naik dan udara dingin mengendap.

7. Spray air dingin

Cara tetap sejuk tanpa AC yang terakhir adalah menyemprotkan tubuh dengan paparan air dingin.

Anda bisa menyiapkan air dingin di dalam botol semprot atau spray. Saat tubuh terasa panas, langsung saja semprotkan air ke tubuh.





























Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Disengat Udara Panas, Ini 7 Cara agar Tetap Sejuk Meski Tanpa AC"