Hagia Sophia

01 May 2023

Beberapa Negara Ini Alami Gelombang Panas Ekstrem

Daftar negara yang mengalami gelombang panas ekstrem di dunia. (Foto: AFP via Getty Images/SANJAY KANOJIA)

Gelombang panas ekstrem belakangan melanda negara-negara di Asia. Beberapa negara mengalami kenaikan suhu yang lebih panas dari biasanya, bahkan hingga 40 derajat Celcius.

Diberitakan sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui media sosial mengungkapkan penyebab gelombang panas di kawasan Asia. Fenomena ini terjadi karena pemanasan global dan perubahan iklim. BMKG menyebut gelombang panas berisiko terjadi 30 kali lebih sering.

Dikutip dari CNNIndonesia, studi menemukan bahwa gelombang panas berbahaya dan akan memecahkan rekor seiring meningkatnya krisis iklim. Cuaca ekstrem akan menghancurkan negara atau wilayah yang tidak siap terpapar gelombang panas.

Berikut adalah daftar negara yang mengalami gelombang panas:

1. Bangladesh
Bangladesh tercatat sebagai negara yang mengalami suhu maksimum harian. Suhu kota Kumarkhali di distrik Kushtia menjadi daerah terpanas dengan suhu mencapai 51,2 derajat Celcius pada 17 April 2023.

2. India
Departemen Meteorologi India melaporkan sebanyak 48 stasiun cuaca mencatat suhu lebih dari 42 derajat Celcius pada 18 April 2023. Negara bagian timur Odisha menjadi daerah dengan suhu tertinggi mencapai 44,2 derajat Celcius.

3. China
Beberapa wilayah di China berisiko paparan gelombang panas, misalnya Beijing. Jutaan warga Beijing diprediksi terdampak gelombang panas meski pemerintah melakukan mitigasi bencana. Pada 18 April lalu, Yuanyang melaporkan suhu mencapai 42,4 derajat Celcius. Badan Meteorologi Cina (CMA) juga melaporkan lebih dari 100 stasiun cuaca di China mencatat suhu tertinggi sepanjang bulan April.

4. Jepang dan Korea
Selama pertengahan April, dua negara ini mengalami panas yang luar biasa. Pakar klimatologi dan sejarah Maximiliano Herrera mengungkapkan panas menyebar di Jepang dan Korea dengan suhu mencapai 30 derajat Celcius.

5. Thailand
Negeri Gajah Putih ini mengalami gelombang panas di beberapa wilayah hingga Minggu (23/4). Suhu di beberapa wilayah diperkirakan mencapai 43 derajat Celcius. Departemen Meteorologi Thailand melaporkan capaian suhu tersebut terjadi mulai Sabtu (22/4) di Thailand bagian utara. Sementara itu, suhu di Bangkok mencapai 40 derajat Celcius.

6. Myanmar
Pada 17 April, Myanmar mencetak rekor suhu mencapai 44 derajat Celcius. Ini dialami di daerah Kalewa, Sagaing Tengah.

7. Afghanistan
Negara ini diprediksi akan mengalami gelombang panas. Dikutip dari Washington Post, Afghanistan disebut peneliti sebagai wilayah dengan potensi gelombang panas yang jauh lebih ekstrem.

Ketergantungan pada mata pencaharian pertanian, pembangunan sosio-ekonomi yang buruk, dan perang puluhan tahun membuat Afghanistan sangat rentan terhadap perubahan iklim yang berdampak pada krisis pangan.

Indeks Risiko Iklim Global 2021 menempatkan Afghanistan sebagai negara keenam yang paling terpengaruh secara global oleh ancaman iklim dan salah satu yang paling tidak siap.

8. Amerika Tengah
Negara-negara di Amerika Tengah berpotensi besar mengalami peningkatan suhu. Penelitian dalam jurnal Nature Communication menemukan gelombang panas berisiko tinggi terjadi di Guatemala, Honduras, dan Nikaragua.

"Ada bukti di sana bahwa daerah-daerah itu mungkin akan mengalami gelombang panas yang besar dan mereka tidak siap untuk itu," kata Dann Mitchell, profesor ilmu atmosfer di University of Bristol.































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Daftar Negara Alami Gelombang 'Ekstrem' gegara Panasnya Kebangetan!"