Hagia Sophia

01 May 2023

Jusuf Kalla Terpapar COVID-19, Ini Kondisinya Saat Ini

Foto: Jusuf Kalla (Firda/detikcom)

HM Jusuf Kalla (JK) yang merupakan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 terpapar virus COVID-19. Ketua Dewan Penasihat BPP KKSA Aksa Mahmud mengungkap kondisi JK saat ini.

Awalnya Aksa mengungkapkan harapannya agar hal ini menjadi yang terakhir kali terjadi kepada JK.

"Mudah-mudahan beliau ini adalah penutupnya COVID, karena beliau terkena COVID, mudah-mudahan tidak ada lagi COVID setelah dia," kata Aksa di Makassar melansir detikSulsel, Minggu (30/4/2023).

Aksa kemudian mengungkap jika JK dalam kondis yang baik meski terpapar virus. Aksa kemudian berkelakar jika istri JK yang minta agar dokter melarang JK berangkat ke Makassar.

"Tapi sebenarnya beliau sehat, cuman saya tahu bahwa istrinya yang bisiki dokter, 'dok jangan kasih izin bapak ke Makassar', jadi itu bukti cintanya seorang istri untuk menjaga suaminya agar tidak capek," sebutnya.

Aksa menyebut jika JK selama 22 kali acara Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) selalu hadir secara langsung. Namun dalam acara ke-23 ini, JK tidak bisa datang karena alasan kesehatan.

"Sebelumnya saya sampaikan terlebih dahulu, bahwa hari ini Pak JK tidak sempat hadir di tempat ini bersama-sama dengan kita. Selama 22 kali pelaksanaan pertemuan seperti ini beliau selalu hadir. Nanti pertemuan ke-23 tidak hadir karena kondisi kesehatan," ujarnya.

JK disebut kelelahan setelah beraktivitas setiap hari bahkan hingga ke luar negeri. Aksa mengaku sempat diajak JK ke Kamboja, namn dia menolaknya.

"Saya tahu Pak Jusuf ini, beliau kecapean karena beliau masih bekerja seperti anak muda. Bayangkan empat hari berturut-turut keliling, sempat ke Kamboja, diajak saya ke Kamboja saya bilang malas, sudah pernah saya ke Kamboja dua kali. Selepas itu beliau (JK) langsung ke Bandung, setelah itu ke Yogyakarta, balik dari sana, langsung sakit," tuturnya.

Di akhir, Aksa menyindir JK yang masih aktif meski usianya sudah tidak muda lagi. Menurut Aksa, JK mestinya tahu diri dengan usianya dalam beraktivitas.

"Jadi dia (JK) ini sebenarnya orang tua tidak tahu diri, yah harus tahu juga kalau sudah tua, kalau anak muda harus semangat," kata dia.





























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Jusuf Kalla Positif COVID-19, Begini Kondisinya"