Hagia Sophia

01 May 2023

Liga Prancis: Paris Saint-Germain Kalah dari Lorient 1-3

PSG dikalahkan Lorient 1-3 di kandang sendiri. (Foto: REUTERS/CHRISTIAN HARTMANN)

Paris Saint-Germain dipermalukan Lorient. PSG harus bermain dengan 10 orang sejak babak I sampai akhirnya dipaksa mengakui keunggulan lawan dengan skor 1-3.

PSG menjamu Lorient di Parc des Princes pada Minggu (30/4/2023) malam WIB. Les Parisiens tertinggal lebih dulu sebelum kehilangan Achraf Hakimi usai menerima kartu merah di pertengahan paruh pertama.

Gol-gol kemenangan Lorient dicetak Enzo Le Fee, Darlin Yongwa, dan Bamba Dieng. Sedangkan satu-satunya gol PSG diciptakan Kylian Mbappe.

Meski kalah, PSG belum tergoyahkan dari puncak klasemen Ligue 1. PSG tetap teratas setelah mengoleksi 75 poin dari 33 pertandingan, unggul delapan poin dari Marseille (2) dan sembilan poin dari Lens (3) yang baru akan bertanding nanti.

PSG langsung tertinggal saat pertandingan baru berjalan 15 menit. Enzo Le Fee membawa Lorient unggul 1-0.

Sebuah kerja sama apik di sayap kanan di akhiri Romain Faivre dengan sebuah umpan silang mendatar ke tengah kotak penalti. Le Fee dengan sigap melakukan sontekan cepat untuk menyarangkan bola ke sudut atas gawang Gianluigi Donnarumma.

Bencana bagi PSG! Achraf Hakimi diusir dari area permainan di menit ke-20. Hakimi diganjar kartu kuning kedua (kartu merah) akibat menginjak Darlin Yongwa dalam situasi perebutan bola.

Meski bermain dengan 10 orang, PSG mampu menciptakan gol balasan. Kylian Mbappe mengubah skor menjadi 1-1 pada sembilan menit berselang.

Kiper Lorient Yvon Mvogo membuat blunder dengan menaruh bola di dekat Mbappe sebelum melakukan tendangan gawang. Mbappe yang menyadari kesalahan lawannya langsung merebut bola untuk disarangkan ke gawang yang kosong.

Namun skor imbang itu cuma bertahan 10 menit saja. Lorient kembali di depan setelah Yongwa mencetak gol sehingga kedudukan menjadi 2-1.

Faivre meliuk-liuk menusuk ke sisi kanan kotak penalti lalu melepaskan umpan tarik yang dihalau Donnarumma. Yongwa berdiri tidak terkawal menyambut bola liar dengan sepakan mendatar ke sudut bawah gawang PSG.

Di babak kedua, PSG bertahan dari gempuran Lorient. Pemain pengganti Lorient Bamba Dieng mencetak gol di menit ke-86. Namun, setelah intervensi VAR gol itu dianulir karena Dieng dinyatakan offside.

Namun, hanya dua menit berselang Dieng betul-betul mengukir namanya di papan skor. Dieng menjebol gawang PSG untuk memperbesar keunggulan Lorient menjadi 3-1.

Lorient melakukan serangan balik dengan sebuah umpan panjang dari belakang. Dieng terbebas di depan lalu berada dalam situasi satu lawan satu dengan Donnarumma. Tembakan Dieng ditepis Donnarumma, bola bergulir ke arah gawang.

Dieng cepat-cepat buru-buru menanduk bola sampai bertabrakan dengan Faivre untuk memastikan bola masuk ke gawang PSG.

Susunan Pemain

Paris Saint-Germain: Donnarumma, Sergio Ramos, Marquinhos, Juan Bernat (Nuno Mendes 56'), Hakimi, Verratti, Danilo (Zaire-Emery 79'), Soler (Fabian Ruiz 46'), Vitinha (Ekitike 65'), Messi, Mbappe

FC Lorient: Mvogo, Le Goff, Kalulu (Cathline 65'), Talbi, Yongwa, Abergel, Innocent (Ayman Kari 59'), Faivre, Le Fee, Meite, Kone (Dieng 64')





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "PSG Vs Lorient: Hakimi Dikartu Merah, Les Parisiens Tumbang 1-3"