Hagia Sophia

13 June 2023

Biaya Perawatan Pria Viral dengan Bobot 300 Kg Dicover oleh BPJS

Foto: Seorang pria obesitas di Tangerang dievakuasi menggunakan forklift. BPBD Kota Tangerang sampai membongkar pintu rumah untuk memudahkan proses evakuasi. (dok Ist)

Pria berbobot nyaris 300 kg asal Tangerang dirujuk ke RSCM imbas kondisi obesitas yang memerlukan penanganan sejumlah dokter spesialis. Muhammad Fajri sebelumnya selama delapan bulan hanya terbaring di kasur, semula bobotnya berada di 120 kg hingga akhirnya membengkak ke 280 kg.

Imbasnya, menurut Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang Taty Damayanty, pria 27 tahun tersebut mengalami obesitas akibat kalori menumpuk. Pihaknya kemudian merujuk Fajri ke RSCM untuk mendapatkan penanganan optimal.

Bakal Ditanggung BPJS?

Asisten Deputi Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan Agustian Fardianto memastikan perawatan pasien tersebut tercover. Baik dalam rumah sakit yang sebelumnya dikunjungi dalam pemeriksaan awal, maupun perawatan lanjutan di RSCM.

"Perawatan pasien dalam jaminan BPJS Kesehatan, baik itu di RSUD Kota Tangerang dan RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo," tegas dia saat dihubungi detikcom Senin (12/6/2023).

Dirinya memastikan BPJS menanggung seluruh biaya pengobatan dan perawatan hingga masa pemulihan selesai.

Dirut BPJS Kesehatan Prof Ali Ghufron Mukti disebutnya juga bakal langsung mengecek kondisi pasien ke RSCM yang saat ini dalam tahap observasi.

Sebelumnya Kepala Humas RSUD Kota Tangerang Fika Khayan, menyebut pihak keluarga meyakini Fajri mengalami obesitas sejak usia 11 tahun. Penanganan perlu dilakukan di RSCM lantaran melibatkan kebutuhan dokter spesialis bedah digestive hingga bedah vaskuler.

"Itu bisa ditatalaksana di rumah sakit yang lebih lengkap seperti RSCM," beber Fika saat dikonfirmasi Minggu (11/6).

Sementara itu Humas RSCM Yani Astuti belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai kondisi yang bersangkutan. Informasi nantinya disebut akan disampaikan langsung dengan tim yang menangani Fajri.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Biaya Perawatan Viral Pria Tangerang BB 300 Kg Dipastikan Ter-cover BPJS!"