Hagia Sophia

13 June 2023

Terjebak 40 Hari di Hutan Amazon, 4 Bocah Ditemukan Selamat

Penyelamatan 4 bocah yang terjebak 40 hari usai kecelakaan pesawat di hutan Amazon (Foto: Presidency/Handout via REUTERS)

Empat bocah yang hilang selama 40 hari di hutan Amazon disebut sedang menjalani pemulihan di RS Pusat Militer Bogota. Anak-anak korban kecelakaan pesawat Cessna 206 pada 1 Mei 2023 berhasil ditemukan dalam kondisi selamat di Hutan Amazon setelah 40 hari menghilang.

Laporan medis menyebut bahwa mereka mengalami dehidrasi dan masih tidak bisa makan tetapi sehat dan terhindar dari bahaya.

"Yang diperlukan sekarang adalah menstabilkan (kesehatan mereka)," kata Menteri Pertahanan Kolombia Ivan Velasquez dikutip dari CNN, Senin (12/6/2023).

Keempat bocah yang berhasil selamat tersebut adalah Lesly Jacobombaire Mucutuy berusia 13 tahun, Soleiny Jacobombaire Mucutuy berusia 9 tahun, Tien Ranoque Mucutuy berusia 4 tahun, dan bayi Cristin Ranoque Mucutuy.

Direktur RS Pusat Militer Bogota Jenderal Carlos Rincón Arango mengatakan keempat bocah yang diselamatkan berada dalam kondisi baik meski ada gigitan dan luka pada kulitnya. Mereka menerima dukungan nutrisi dan psikologis dan akan dirawat di rumah sakit selama dua sampai tiga minggu.

"Mereka masih sangat sedikit berbicara dan lemah, tetapi mereka ingin bermain. Mari beri mereka waktu," ucapnya.

Menurut seorang pejabat pasukan khusus militer Kolombia, keempat anak itu bertahan hidup di dalam hutan dengan memakan tepung singkong dan buah di hutan.

Meski ditemukan selamat tapi mereka tampak dalam keadaan lemah.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Terkini 4 Bocah yang Selamat usai 40 Hari Terjebak di Hutan Amazon"