Hagia Sophia

13 June 2023

Menurut Survei Orang Jepang Tidak Ingin Hidup Sampai 100 Tahun

Potret warga Jepang. (Foto: Khadijah Nur Azizah/ detikHealth)

Jepang diketahui menjadi salah satu negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia. Warga Jepang juga disebut bisa hidup sampai usia 100 tahun.

Namun sebuah survei baru menemukan warga Jepang sebenarnya tidak mau hidup sampai umur 100 tahun.

Dikutip dari laman Mainichi, survei yang dilakukan Japan Hospice Palliative Care Foundation di Osaka, menanyakan pertanyaan kepada sekitar 500 pria dan 500 wanita: apakah Anda ingin hidup lebih dari 100 tahun?

Responden berusia 20-an hingga 70-an. Di antara mereka, 72 persen responden pria dan 84 persen responden wanita mengatakan mereka tidak ingin hidup selama itu.

Alasan paling umum yang diberikan, sebesar 59 persen adalah bahwa mereka tidak ingin mengganggu keluarga atau orang lain untuk merawat mereka.

Mainichi Shimbun melaporkan bahwa yayasan itu 'terkejut' karena begitu sedikit orang yang ingin hidup lama, dan mereka khawatir tentang bagaimana Jepang akan mendukung mereka yang menghadapi kematian.

"Ketika 'usia 100 tahun' menjadi kenyataan, orang mungkin mulai mempertanyakan apakah mereka benar-benar senang dengan itu," kata perwakilan yayasan kepada media Jepang, menurut laporan tersebut.

Menurut Kementerian Kesehatan, Perburuhan, dan Kesejahteraan Jepang, jumlah orang berusia 100 tahun atau lebih, di Jepang mencapai 90.526 per September 2022.

Di sisi lain, tingkat kelahiran melambat di banyak negara Asia, termasuk Jepang. Di Jepang, pemerintah memperkirakan jumlah kelahiran turun di bawah 800.000 tahun lalu. Hal ini menyebabkan perdana menteri Fumio Kishida menyatakan bahwa angka kelahiran yang rendah dan populasi yang menua menimbulkan risiko besar bagi masyarakat.

"Jepang berada di ambang apakah kita dapat terus berfungsi sebagai masyarakat," kata Kishida.

"Memfokuskan perhatian pada kebijakan mengenai anak dan mengasuh anak adalah masalah yang tidak bisa menunggu dan tidak bisa ditunda," ucapnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Survei Ungkap Orang Jepang Ternyata Ogah Hidup sampai 100 Tahun"