Hagia Sophia

24 June 2023

Jangan Konsumsi Kopi di Pagi Hari Saat Perut Kosong, Ini Alasannya

Foto: Getty Images/iStockphoto/Probuxtor

Kopi yang selalu dipercaya menjadi penyegar di pagi hari ternyata tidak aman untuk dikonsumsi sebagai asupan pertama saat perut kosong. Ada beberapa alasannya.

Kandungan kafein yang memicu jantung dipercaya sebagai minuman untuk menambah energi. Terutama ketika pagi hari, banyak penikmat kopi yang mengaku tak bisa lepas dari kopi tepat setelah bangun tidur.

Padahal banyak ahli yang telah mengingatkan untuk berhenti konsumsi kopi pada pagi hari saat perut kosong. Kopi yang sehat ternyata tidak layak disebut aman untuk dikonsumsi sebagai asupan pertama pada pagi hari.

Lovneet Baytra, selaku ahli gizi asal India, menyebutkan ada beberapa alasan penting larangan kopi diminum saat perut kosong. Mulai dari efeknya terhadap asam lambung hingga sebagai pemicu inflamasi.

Berikut ini 5 alasan kopi tidak boleh diminum pagi hari menurut NDTV:

Minum kopi saat perut kosong dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Schwede-Photodesign

1. Merangsang asam lambung
Kandungan kafein tidak hanya dapat memicu produksi energi tetapi juga asam lambung. Menurut National Institutes of Health, efek tersebut disebabkan oleh kandungan polifenol pada kopi selain kafeinnya.

Ketika menyentuh lambung, kopi secara alami akan otomatis merangsang sekresi dan produksi gastrin juga asam klorida di dalam perut. Dampaknya yang paling singkat akan terasa gangguan pencernaan yang mengganggu.

Jika tidak segera diatasi gejala lain seperti kembung hingga mual akan mulai dirasakan. Parahnya ketika asam lambung telah melampaui batas rasa seperti jantung terbakar akan dialami penikmat kopi.

2. Meningkatkan kortisol
Ada sebagian kepercayaan yang menyebutkan bahwa minum kopi saat pagi hari dapat membantu penurunan berat badan. Faktanya, konsumsi kopi saat perut kosong pada pagi hari dapat memicu peningkatan kortisol di dalam tubuh.

Kortisol merupakan hormon yang dampaknya sangat luas untuk tubuh. Meningkatkan kortisol dapat berdampak negatif pada ovulasi, pengendalian berat badan, hingga keseimbangan hormon.

3. Mengganggu gula darah
Melalui akun Instagram @lovneetb, Lovneet menyebutkan ada ancaman gangguan pada kadar gula darah jika rutin mengonsumsi kopi sebagai asupan pertama. Bagi orang dewasa, kestabilan gula darah akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Gula darah yang tidak stabil dapat memicu penyakit kronis karena kaitannya dengan produksi insulin. Dijelaskan oleh Mayo Clinic, efek konsumsi kopi pada gula darah tidak ada bedanya baik pada kopi berkafein maupun kopi decaf.

Konsumsi kopi juga dikatakan akan berbahaya bagi orang yang sudah mengalami diabetes. Kafein yang masuk ke dalam tubuh akan semakin mengganggu kemampuan tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah.

4. Efek samping mengganggu

Bagi beberapa orang yang sensitif, minum kopi pada pagi hari dapat menyebabkan tremor berupa gemetar pada tangan atau kaki. Foto: Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Bagi beberapa orang tertentu, ada gejala yang akan dialami jika mengonsumsi kopi saat perut kosong. Lebih dari hanya sekadar memproduksi asam lambung, efeknya juga dapat mengganggu fisik yang terlihat.

Lovneet menyebut efek konsumsi minum kopi saat perut kosong dalam menyebabkan kegelisahan. Pertama-tama awalnya akan dipicu dengan suasana hati yang berubah menjadi mudah cemas dan tidak tenang.

Setelah perasaan tersebut muncul, selanjutnya akan diikuti gejala yang mengganggu secara fisik. Misalnya seperti tremor atau gemetar yang biasanya terjadi pada tangan dan atau kaki.

5. Pemicu inflamasi
Beberapa ahli gizi juga menyebutkan bahwa konsumsi kopi secara signifikan memiliki kontribusi yang buruk. Kopi yang diminum sebagai asupan pertama saat perut kosong dapat memicu stres oksidatif.

Bukan hanya mengganggu suasana hati tetapi kopi juga dapat berubah menjadi pemicu inflamasi dalam tubuh. Pada beberapa kondisi terburuk gejala seperti sakit kepala, gangguan kulit, diabetes hingga autoimun bisa saja terjadi.

Alasan tersebut yang membuat para ahli selalu mengingatkan untuk tidak mengonsumsi kopi saat perut kosong. Efek yang telah disebutkan dapat diminimalisir jika penikmat kopi mengisi perutnya dengan makanan terlebih dahulu sebelum minum kopi.
























Artikel ini telah tayang di food.detik.com dengan judul "5 Alasan Kopi Tak Boleh Jadi Asupan Pertama di Pagi Hari"