Hagia Sophia

24 June 2023

Tidur Siang Sejenak Saat Ngantuk Bisa Tingkatkan Konsentrasi Kerja

Ilustrasi tidur siang di tengah jam bekerja. Foto: shutterstock

Rasa kantuk siang hari mungkin menjadi tantangan terbesar untuk orang-orang yang bekerja, tak terkecuali mereka yang tetap masuk kerja di akhir pekan. Gegara lemas dan mengantuk, konsentrasi pun menjadi tak optimal.

Siapa sangka, penelitian terbaru justru mengungkapkan bahwa tidur siang memiliki manfaat untuk produktivitas kerja, kreativitas, dan memori.

Sebuah studi yang diterbitkan minggu ini menemukan hubungan antara orang yang tidur siang secara teratur dan volume otak yang lebih besar. Para peneliti yang menulis di jurnal Sleep Health melakukan penelitian dengan melihat data dari lebih dari 35.000 peserta dalam survey British Biobank.

Hasilnya, kebiasaan tidur siang tampaknya berkaitan dengan volume otak yang lebih besar pada orang dewasa dengan kemungkinan bahwa hal ini menawarkan perlindungan terhadap degenerasi saraf, meskipun para ilmuwan menekankan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan.

Studi ini pun dilakukan oleh Dr Mattie Toma, asisten profesor di kelompok ilmu perilaku di Warwick University. Hasil penelitian yang pernah ia lakukan terhadap kalangan pekerja perkotaan berpenghasilan rendah di India menemukan bahwa tidur siang setengah jam meningkatkan perhatian, kesejahteraan, dan produktivitas.

"Mengingat bukti yang muncul seputar manfaat tidur siang, tidak hanya untuk kesejahteraan pekerja tetapi juga untuk keuntungan perusahaan, perusahaan harus mempertimbangkan untuk menawarkan kesempatan tidur siang kepada karyawan mereka," kata Toma, dikutip dari The Guardian, Sabtu (24/6/2023).

Bukti terkait manfaat tidur siang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu. Sebuah meta-analisis dari 54 laporan penelitian sejak 2002 hingga 2020 menemukan bahwa tidur siang memiliki manfaat kecil hingga sedang dibandingkan beberapa tes kognitif.

Meskipun pakar menekankan pentingnya tidur siang, mereka juga menekankan pentingnya cukup tidur di malam hari. Para ahli menyarankan tidur siang dilakukan dalam waktu yang singkat saja, yakni 20 menit. Pasalnya, tidur siang yang berlebihan justru bisa menjadi peringatan dini terkait penurunan kesehatan kognitif.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ngantuk saat Kerja di Weekend? Tidur Siang Sejenak, Bisa Jos Banget Manfaatnya"