Hagia Sophia

19 June 2023

Kenapa Wanita Jepang Tidak Ingin Miliki Anak? Ini Kata Survei

Ilustrasi harapan para wanita di Jepang perihal cara menaikkan kembali angka kelahiran yang anjlok. Foto: Kyodo/AP Photo

Jepang dilanda krisis populasi. Imbas banyaknya warga tidak mau memiliki anak, angka kelahiran di negara tersebut anjlok. Lantas sebenarnya menurut wanita-wanita di Jepang, kondisi seperti apa yang mereka harapkan agar bersedia memiliki anak?

The Nippon Foundation melakukan survei terhadap 10.000 wanita berusia antara 18 hingga 69 tahun untuk mencari tahu pendapat para wanita perihal masalah penurunan angka kelahiran. Rupanya, tak seluruhnya setuju bahwa yang mereka perlukan untuk membesarkan anak hanyalah perihal uang.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyatakan bahwa pihaknya akan menggandakan anggaran terkait anak pada awal 2030-an. Namun, hanya 20,9 persen responden setuju bahwa kenaikan anggaran harus menjadi prioritas utama. Di samping itu, 15,2 persen responden mengatakan kenaikan tersebut tidak realistis karena situasi keuangan Jepang yang memburuk.

Kemudian, sebanyak 36,3 persen responden berpendapat bahwa tindakan nyata lebih penting daripada jumlah yang dikeluarkan.

Mengenai cara membayar anggaran terkait anak, banyak responden yang menentang kenaikan pajak dan menambah beban terkait jaminan sosial. Hal itu tercermin dari 74,6 persen responden yang menentang kenaikan pajak konsumsi untuk tujuan tersebut.

Hanya 6 persen responden menyebut langkah-langkah pemerintah untuk melawan penurunan kelahiran akan efektif. Sementara 33,6 persen mengatakan bahwa kebijakan pemerintah akan berdampak kecil dan 21 persen mengatakan tidak akan berpengaruh sama sekali.

Sebuah lembaga bernama Badan Anak dan Keluarga didirikan pada April lalu, berfokus pada bidang kemiskinan masa kanak-kanak, penurunan kelahiran, dan pelecehan anak. Namun mengacu pada survei ini, sebanyak 23,3 persen responden mengaku tidak menaruh harapan apa pun pada agensi tersebut. Bahkan, ada yang mengaku sama sekali tidak tahu bahwa ada agensi tersebut.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Alasan Wanita Jepang Ogah Punya Anak, Ternyata Solusinya Bukan Uang"