Hagia Sophia

19 June 2023

UEFA Nations League: Tempati Posisi Ketiga, Italia Kalahkan Belanda 3-2

Italia menang 3-2 atas Belanda. Foto: AP/Patrick Post

Italia mengalahkan Belanda 3-2 dalam laga perebutan tempat ketiga UEFA Nations League 2022-23. Gli Azzurri mengulangi capaian di turnamen edisi sebelumnya.

Bertanding di De Grolsch Veste, Minggu (18/6), Italia unggul cepat di menit ke-6. Mateo Retegui menyambut umpan silang Davide Frattesi dari kanan, namun meleset. Meski begitu, bola berhasil didapat oleh Giacomo Raspadori.

Ia lalu memberi umpan kepada Federico Dimarco yang berposisi lebih bebas. Tembakan keras bek 25 tahun itu bersarang telak di sisi kanan gawang Belanda yang dijaga Justin Bijlow.

Italia menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-20. Dimarco yang membangun serangan dari sisi kiri kemudian melepas umpan mendatar kepada Raspadori di depan kotak penalti, namun bola lepas dari penguasaan penyerang Napoli tersebut.

Bola liar itu disambar Wilfried Gnonto yang bermaksud menembak ke gawang, namun dihalau Mats Wieffer dan berbelok ke Frattesi yang lepas dari offside. Dalam duel satu lawan satu, mudah saja bagi pemain Sassuolo itu menaklukkan Bijlow.

Dimarco hampir mencetak gol keduanya pada menit ke-27, namun tembakan jarak jauhnya melambung tipis di atas gawang Bijlow. Belanda mendapat peluang emas lewat Cody Gakpo di menit ke-40, namun tembakan jarak dekatnya melebar di sisi kanan.

Babak pertama ditutup dengan keunggulan Italia 2-0. Pada babak kedua, Belanda langsung melakukan tiga pergantian dengan memasukkan Steven Bergwijn, Georginio Wijnaldum, dan Wout Weghorst.

Belanda langsung menekan untuk mencari gol secepat mungkin. Gakpo mendapat peluang emas di menit ke-48, namun tembakannya diblok kiper Gianluigi Donnarumma. Empat menit kemudian, tembakan jarak jauh striker Liverpool itu melenceng dari target.

Belanda terus menggempur pertahanan Italia, yang memilih bermain bertahan. Pada menit ke-59, Denzel Dumfries mendapat celah di tepi kotak penalti untuk melepaskan tembakan, namun masih berada dalam jangkauan Donnarumma.

Upaya Belanda akhirnya membuahkan hasil di menit ke-68. Bergwijn menerima bola liar sapuan Marco Verratti di kotak penalti Italia. Ia sukses mengecoh Dimarco lalu melepaskan tembakan ke sudut kiri gawang yang tak terjangkau Donnarumma.

Italia tak lantas panik dengan meningkatnya motivasi Belanda. Mereka justru berhasil mencetak gol ketiga lima menit berselang.

Lewat serangan balik, Frattesi mengirim bola kepada Federico Chiesa yang menggiring bola menuju kotak penalti Belanda, lepas dari kawalan Virgil van Dijk, lalu melepaskan tembakan terukur ke sudut kanan gawang lawan. Italia memimpin 3-1.

Belanda sempat mencetak gol lewat Wout Weghorst di menit ke-82 lewat skema tendangan bebas, namun dianulir Video Assistant Referee (VAR) usai tayangan ulang memperlihatkan penyerang jangkung itu sudah terjebak offside.

Gol kedua Belanda akhirnya hadir di menit ke-89. Wijnaldum menerima umpan terobosan Joey Veerman dan menaklukkan Donnarumma lewat tembakan jarak dekat ke sudut kiri atas gawang Italia.

Belanda berupaya mencetak gol ketiga. Mereka pun tampil dominan selama injury time yang mencapai lebih dari 10 menit, namun barisan belakang Italia berhasil mencegahnya dan berhasil menutup laga dengan hasil akhir 3-2.

Susunan pemain

Belanda: Justin Bijlow, Denzel Dumfries, Lutsharel Geertruida (Georginio Wijnaldum 46'), Virgil van Dijk, Nathan Ake, Mats Wieffer (Joey Veerman 78'), Frenkie de Jong, Xavi Simons (Teun Koopmeiners 63'), Donyell Malen (Steven Bergwijn 46'), Cody Gakpo, Noa Lang (Wout Weghorst 46').

Italia: Gianluigi Donnarumma, Federico Dimarco (Leonardo Spinazzola 74'), Alessandro Buongiorno, Francesco Acerbi, Rafael Toloi, Marco Verratti (Nicolo Barella 85'), Bryan Cristante, Davide Frattesi, Giacomo Raspadori (Federico Chiesa 63'), Mateo Retegui (Lorenzo Pellegrini 85'), Wilfried Gnonto (Nicolo Zaniolo 64').
























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "UEFA Nations League: Italia Rebut Perunggu Usai Kalahkan Belanda 3-2"