Hagia Sophia

19 June 2023

Nenek yang Tempo Hari 'Hidup Lagi' di Dalam Peti Mati, Akhirnya Beneran Meninggal

Ilustrasi meninggal. (Foto: Getty Images/iStockphoto/La_Corivo)

Beberapa waktu lalu, seorang nenek berusia 76 tahun di Ekuador bernama Bella Montoya membuat geger seusai ditemukan 'hidup lagi' di dalam peti matinya. Namun, setelah seminggu dilakukan perawatan intensif, Montoya akhirnya kembali meninggal dunia.

Sebelumnya pihak keluarga mengatakan bahwa Montoya mengalami kemungkinan stroke dan juga henti jantung. Selain itu Montoya juga mengalami kardiorespirasi hingga menyebabkan katalepsi.

Kejadian tersebut membuat Montoya mengalami penurunan kepekaan terhadap rasa sakit, fungsi tubuh melambat, hingga mengalami kekakuan tubuh.

Pensiunan perawat tersebut dirawat secara intensif seusai mengetuk peti matinya beberapa jam setelah dinyatakan meninggal dunia. Anak Montoya, Gilberto Barbera mengatakan bahwa banyak kerabat yang melihat kejadian peti mati tersebut mulai mengeluarkan suara ketukan.

"Ibu terbungkus dalam kain dan memukul peti mati. Ketika kami mendekat, kami bisa melihat dia terengah-engah," ucap Gilberto dikutip dari Insider, Senin (19/6/2023).

"Itu membuat kami semua ketakutan. Ada sekitar 20 orang di sana," sambungnya

Montoya akhirnya kembali dibawa ke rumah sakit di tempat ia sebelumnya dirawat di pusat kota Babahoyo. Montoya lantas kembali dirawat intensif usai 'hidup kembali' dari peti matinya.

Seusai kembali meninggal pada Jumat Malam, kini Montoya telah dikembalikan ke rumah duka.

Sebelumnya pihak Kementerian Kesehatan akhirnya melakukan investigasi. Proses penyelidikan dokter terkait yang tidak disebutkan namanya juga tengah berjalan.

Komite teknis pun dikabarkan juga dibentuk untuk melakukan peninjauan mengapa rumah sakit tersebut bisa memberikan sertifikat kematian pada Montoya yang sebelumnya masih hidup. Hingga saat ini belum ada detail yang dirilis soal dokter yang menyatakan Montoya meninggal dunia.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nenek 76 Tahun yang Sempat 'Hidup Lagi' dari Peti Mati Meninggal Dunia"