Hagia Sophia

25 June 2023

Orang Pertama yang Didiagnosis Autis Meninggal Dunia

Donald Triplett, orang pertama yang didiagnosis dengan autisme, meninggal dunia di usia 89 tahun. Foto: AP Photo/WLBV-TV

Orang pertama yang didiagnosis dengan autisme, Donald Triplett, meninggal dunia pada usia 89 tahun, Kamis (15/6/2023). Sosok yang juga akrab disapa sebagai Don ini meninggal di tempat tinggalnya karena kanker. Sepanjang hidupnya, ia dikenal akan kecemerlangannya yang luar biasa.

"Donald diberi kesempatan untuk mengejar hasrat dan minatnya, dan dia mampu membangun kehidupan yang sangat bahagia untuk dirinya sendiri dengan caranya sendiri," kenang Christopher Banks, presiden dan kepala eksekutif Autism Society, sebuah lembaga pendidikan dan advokasi kelompok dikutip dari Washington Post, Sabtu (24/6).

"Dia dikenal di komunitasnya, dia diterima di komunitasnya, dan dia disenangi di komunitasnya. Semua itu menunjukkan pentingnya membangun masyarakat yang inklusif," imbuhnya.

Sosok Triplett memang dikenal akan keajaibannya. Sebagai orang pertama yang resmi didiagnosis dengan autisme di dunia, asuhan dan perilakunya dijelaskan secara panjang lebar dalam artikel ilmiah pada 1943 oleh psikiater Austria-Amerika Leo Kanner. Artikel bertajuk 'Gangguan Autistik Kontak Afektif' tersebut menguraikan kecacatan perkembangan yang sekarang dikenal sebagai gangguan spektrum autisme, atau ASD.

Saat Triplett didiagnosis autisme semasa masih kecil, kondisi tersebut dianggap sangat langka. Sejak itu, mengacu pada Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), para peneliti menemukan bahwa sekitar 1 dari 36 anak autis.

Tidak ada tes medis untuk mengidentifikasi autisme, yang dapat bervariasi dalam bentuk dan tingkat keparahan. Kondisi ini didiagnosis dengan memantau perkembangan dan perilaku anak.

Kisah Ajaib Sosok Don

Sebagai anak laki-laki di kota kecil Mississippi, Triplett terlihat berbeda dari banyak anak lainnya. Alih-alih banyak berkomunikasi dengan orang tuanya, ia terobsesi pada benda-benda berputar. Ia juga berbicara dengan cara yang tidak biasa, misalnya dengan menggantikan kata 'kamu' dengan 'aku', atau berulang-ulang menyebut kata seperti 'bisnis' dan 'krisan'.

Ia juga menunjukkan kecemerlangannya saat menempuh gelar sarjana. Ia tepat menebak nada saat mendengar bunyi di piano, dan melakukan perhitungan dengan cepat. Ketika seseorang bertanya '87 dikali 23', ia dengan cepat menyebut jawaban benar yakni '2.001'.

Pada usia dua tahun, Triplett membacakan salah satu pasal dalam Alkitab, yakni Mazmur ke-23 ('Tuhan adalah gembalaku') murni dari ingatannya.

Triplett berhasil menuntaskan sekolah menengah atas dan lanjut belajar bahasa Prancis di Millsaps College, tempat ia menerima gelar sarjana pada 1958. Ia bergabung dengan Bank of Forest akhir tahun itu dan terus bekerja di sana selama hampir 65 tahun.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Donald Triplett Orang Pertama yang Didiagnosis Autis Meninggal di Usia 89 Tahun"