Hagia Sophia

25 June 2023

Dengar Keluhan Warga DKI, Ganjar Telepon Pejabat Jakarta

Ganjar di Jakut (Foto: Pradita Utama/detikcom)

Gubernur Jawa Tengah yang juga bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo, menelepon pejabat Pemprov DKI Jakarta usai mendengar keluhan warga. Aksi Ganjar itu dilakukannya usai blusukan di pasar di Jakarta Utara.

Pedagang di Pasar Anyar Bahari, Tanjung Priok, Jakut, awalnya mengeluhkan besarnya biaya retribusi bulanan saat bertemu Ganjar. Pedagang yang mendatangi Ganjar itu juga mengeluhkan pasar yang sepi karena kalah dengan penjualan online.

"Pasar kita ini kan pengunjungnya sangat sepi Pak," kata salah satu pedagang kepada Ganjar Pranowo.

"Ini ramai banget," jawab Ganjar.

"Ini kan karena ada bapak. Blusukan sendiri Bapak, coba lihat, sepi," balas warga.

"Kenapa sepi?" kata Ganjar.

"Pasar kita kalah di online satu, saya pedagang baju Pak, dari Corona sampai sekarang ini sampai lari ke makanan," jawab pedagang tersebut.

Ganjar tiba-tiba mengambil ponselnya dan mencoba menelepon Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Namun, Heru Budi tengah menghadiri acara pernikahan dan tak bisa berbincang lama.

Ganjar lalu menghubungi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus. Ganjar lalu menyampaikan keluhan warga tersebut.

"Ini saya lagi di Pasar Anyar Bahari, permasalahan pertama mereka kepingin pembayaran retribusi itu berat boleh nggak diringanin?" kata Ganjar kepada Joko dalam sambungan telepon.

"Nggih," jawab Joko.

"Konter KJP pangan murah dibuka lagi di Pasar Anyar Bahari," ujar Ganjar.

Joko meminta koordinator pasar untuk bertemu langsung dengan dirinya. Warga pun tampak senang mendengar jawaban Joko yang ditelepon Ganjar tersebut.

"Siap, nanti suruh ketemu saya di mana gitu," kata Joko.

"Nanti saya kasih nomor beliau, nanti biar staf Bapak yang telepon ya biar ketemu," jawab Ganjar.

Usai berbincang dengan warga, Ganjar menjelaskan alasan dirinya mendatangi pasar itu. Dia juga menjelaskan alasan menelpon Heru Budi dan Joko.

"Saya hanya diajak kawan-kawan untuk bisa mengobrol di pasar ini dan saya ingin mereka menyampaikan apa adanya disampaikan lah apa adanya, satu tadi, soal bagaimana cara membayar restribusi yang kalau bulanan berat. Yang kedua tadi pangan murah, pangan murah yang hari ini nggak ada, karena dulu ada kriminalnya gitu. Maunya masyaralat kalau yang kriminal dihukum aja tapi jangan tokonya ditutup. Nah ini yang masukan," ujarnya.

"Maka saya telepon Pak Gubernur, PJ, lagi kondangan. Alhamdulillah bisa terhubung dengan Pak Joko, Sekda, beliau teman saya orang Jawa Tengah gitu saya berteman lama sama beliau. Alhamdulilah tadi saya sampaikan dan nomor teleponnya saya berikan agar bisa bisa di-follow up. Mungkin ini kecil buat publik, mungkin kecil tapi buat masyarakat yang begini-begini lah yang harus diurus," sambung Ganjar.

Dipakaikan Kemeja Kotak-kotak Era Kampanye Jokowi-Ahok

Ganjar juga dipakaikan kemeja kotak-kotak era kampanye Jokowi-Ahok di Pilgub DKI 2012. Warga berharap Ganjar tak lupa dengan rakyat jika menang Pilpres 2024.

"Saya maksudnya karena dia sudah sampai sini ya, saya gembira ya bersyukur gitu, saya juga rasanya kapan pasar ini datang dikunjungi pejabat-pejabat tinggi. Ternyata sekarang datang Pak Ganjar. Mudah-mudahan dia bisa meneruskan cita-cita Pak Jokowi supaya terlaksana cita-cita Pak Jokowi supaya meneruskan apa yang direncanakan Pak Jokowi itu," kata warga bernama Sugianti di Pasar Anyar Bahari, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (24/6).

Dia berharap Pasar Anyar Bahari ramai dikunjungi pembeli. Dia berpesan agar Ganjar Pranowo tak lupa untuk mengunjungi Pasar Anyar Bahari jika nantinya terpilih menjadi Presiden.

"Biar jadi presiden. Jangan lupa sama rakyat, biar bisa meneruskan apa cita-cita Pak Jokowi. Bapak saya juga kenal sama Pak Sukarno waktu di Blitar. Di kasih pesan sama kakaknya Bung Karno, suruh meneruskan ini, harus adil ke rakyat," katanya kepada Ganjar.

Ganjar pun berterima kasih dengan kemeja kotak-kotak itu. Dia juga mengenang perjuangan Jokowi-Ahok di Pilgub DKI.

"Ya tadi ada ibu rupanya pendukungnya Pak Jokowi, pendukungnya Pak Ahok, ternyata beliau masih menyimpan baju kotak-kotak gitu," kata Ganjar Pranowo usai mengunjungi Pasar Warakas dan Pasar Anyar Bahari.

"Makanya dikasihkan ke saya ya mengingatkan perjuangan masa itu, kebetulan saya ikut di dalamnya, terima kasih lah, romantic," ujarnya.
























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Kala Ganjar Tiba-tiba Telepon Pejabat Jakarta Usai Dengar Keluh Kesah Warga"