Hagia Sophia

25 June 2023

Beberapa Orang Ini Masuk Kriteria Tertinggi di Dunia

Foto: Orang tertinggi di dunia (someone/Wikimedia commons)

Siapakah orang tertinggi di dunia? Pertanyaan ini selalu bikin penasaran hingga surfing internet untuk mencari jawabannya. Apalagi jika tubuh tinggi tersebut sampai memperoleh rekor dunia.

Artikel berikut telah merangkum daftar orang tertinggi di dunia. Untuk mengetahui siapa saja mereka, simak artikel di bawah ya.

Daftar Orang Tertinggi di Dunia

Dikutip dari Science Focus, ada 11 orang yang dianggap paling tinggi di dunia. Salah satunya berkarir sebagai atlet voli. Berikut penjelasannya.

1. Robert Wadlow
Di urutan pertama, pria asal Amerika ini adalah legenda Guinnes World Records dan tingginya mencapai 2,72 m. Robert Wadlow lahir di Illinois pada tahun 1918 dengan kondisi penyakit yang bernama gigantisme hipofisis.

Kelainan ini membuat tubuh Wadlow memiliki ukuran yang tidak biasa. Bahkan, pada usia 6 tahun, tinggi Wadlow sudah mencapai 1,8 m. Tidak hanya itu, ini juga membuat ukuran kaki Wadlow 47 cm lebih besar dari ukuran kaki manusia lainnya.

2. John Rogan
Selanjutnya, John Rogan menempati urutan kedua orang tertinggi di dunia dengan tinggi 2,72 m. lahir di tahun 1867 di Hendersonville, Tennessee, Amerika.

Selama hidup, Rogan menderita radang sendi khususnya sendi tulang belakang yang mengganggu aktivitasnya. Rogan meninggal dunia pada September 1905 saat menginjak usia 38 tahun.

3. John Francis Carroll
John F Carrol dengan tinggi badan mencapai 2,64 m menempati urutan ketiga orang tertinggi di dunia. Pria ini berasal dari Amerika, tepatnya di kota Buffalo.

Carrol menderita kelainan abnormal yang menyebabkan pembesaran pada bagian tangan dan kaki. Ia meninggal dunia pada tahun 1969 tepat di umur 37 tahun.

4. Leonid Stadnyk
Leonid Stadnyk menjadi orang tertinggi dunia yang berkebangsaan Ukraina. Ia memiliki tinggi badan sekitar 2,57 m atau setara dengan 8 kaki 5 inci. Pada usia 44 tahun ia meninggal karena mengalami pendarahan otak secara mendadak.

5. Sultan Kosen
Pria yang memegang Guinnes World Records orang tertinggi di dunia yang masih hidup hingga kini yaitu Sultan Kosen. Ia memegang rekor sejak September 2009 dan mencapai tinggi hingga 2,5 m.

Bukan itu saja, Kosen juga memiliki tangan terbesar dan sepasang kaki terpanjang di dunia. Kelainan yang dideritanya sama seperti Robert Wadlow yaitu gigantisme hipofisis. Kondisi ini disebabkan produksi hormon pertumbuhan yang berlebih.

6. Brahim Takioullah
Orang tertinggi di dunia selanjutnya yaitu Brahim Takioullah. Pria asal Maroko ini memiliki tinggi badan 2,5 m atau setara dengan 8 kaki. Takioullah juga memegang rekor sebagai orang yang memiliki kaki terbesar di dunia.

7. Trijntje Keever
Jika sebelumnya berasal dari kaum pria, kali ini orang tertinggi di dunia berasal dari kaum wanita. Trujinte Keever merupakan wanita asal Belanda yang memiliki tinggi badan 2,54 m atau setara dengan 8 kaki 4 inci.

Kondisi ini membuat ia mengidap penyakit kanker dan meninggal dunia pada tahun 1633. Keever berpulang tepat di usia 17 tahun.

8. Dharmendra Pratap Singh
Mengutip dari Saudi Scoop, orang tertinggi di dunia selanjutnya yaitu Dharmendra Pratap Singh. Bahkan dia dijuluki sebagai The Tallest Man of India dengan tinggi 2,46 m atau setara 8 kaki 1 inci.

Singh menghadapi beberapa masalah kesehatan selama hidup. Dia mengalami sakit pinggul parah dan sempat menjalani operasi penggantian pinggul pada tahun 2019 lalu.

9. Morteza Mehrzad Selakjani
Pria tertinggi di dunia selanjutnya berasal dari negeri Iran dengan tinggi badan 2,46 m atau setara dengan 8 kaki 1 inci. Morteza sempat menjadi salah satu atlet voli bersejarah yang memenangkan Olimpiade Rio pada 2016.

Namun, Morteza sempat mengalami kecelakaan yang menyebabkan salah satu kakinya tumbuh lebih lambat dari bagian tubuhnya yang lain. Bahkan saat ini, salah satu kaki Mehrzad hanya sekitar 15 cm lebih pendek dari kaki lainnya.

10. Zhang Juncai
Zhang Juncai adalah orang tertinggi di dunia yang berasal dari Tiongkok, provinsi Shanxi. Ia memiliki tinggi badan 2,42 m atau setara 7 kaki 11 inci.

Pada November 2004 lalu, ia resmi dinobatkan sebagai orang tertinggi di negara China. Juncai hanya lebih pendek sekitar 10 cm dari Sultan Kösen, dan saat ini menjadi orang tertinggi yang masih hidup.

11. Edouard Beaupre
Edouard Beaupre merupakan pria berkebangsaan Kanada yang memiliki tinggi badan 2,51 m. Ia dikenal sebagai pria pegulat raksasa yang bertubuh tinggi.

Tidak hanya itu, Edouard tercatat dalam buku Guinness sebagai salah satu manusia paling tinggi di dunia. Ia meninggal dunia pada tahun 1904 silam karena penyakit tuberkulosis yang dideritanya.

Nah, itu tadi daftar orang paling tinggi di dunia. Kira-kira jika disandingkan dengan kamu, kamu akan setinggi bagian tubuh mereka yang mana ya? Semoga bermanfaat.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "11 Orang Tertinggi di Dunia, Ada yang Jadi Atlet Voli!"