Hagia Sophia

30 August 2023

Heboh Kaki Pria Diamputasi, Ini Tanda Diabetes Bila Sudah Kronis

Seorang pria di Malaysia, Azlan, harus menjalani amputasi kaki akibat diabetes, yang dipicu oleh keseringan meminum minuman manis. Foto: Tangkapan Layar TikTok

Viral kisah seorang pria harus menjalani amputasi kaki gegara diabetes, yang dipicu oleh kegemarannya minum teh tarik. Ia mengaku ketika ia masih muda, ia tidak dapat beraktivitas tanpa mengonsumsi minimal tiga cangkir minuman nikmat tersebut.

"Saya menyukai 'Teh Tarik' dan selalu meminumnya setiap hari di pagi, siang, dan malam hari. Selain itu, saya juga sering mengonsumsi minuman berkarbonasi," kata pria asal Malaysia bernama Azlan, melalui sebuah video viral yang diunggah oleh akun Tiktok @kedidi_kakipalsu.

Azlan menjelaskan, sudah lebih dari 30 tahun dirinya hidup melawan diabetes. Awalnya, ia memang amat sering meminum minuman manis. Ia harus siap sedia 'Teh Tarik' di mobilnya setiap saat. Jika kehabisan, dia akan pergi membeli minuman manis.

Imbas kebiasaannya itu dibarengi gaya hidup tidak sehat, Azlan mengidap diabetes yang menyebabkan luka di kakinya susah sembuh. Dokter mengatakan, Azlan tidak memiliki pilihan selain mengamputasi kaki kanannya setelah lukanya infeksi serius.

Tanda Diabetes Sudah Masuk Fase Lanjut

Di luar kasus tersebut, spesialis penyakit dalam sekaligus pakar dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam menjelaskan ada tiga tanda seseorang telah mengidap diabetes dalam fase lanjut yakni banyak makan, banyak minum, dan banyak kencing.

"Secara umum terus terang saja apabila orang ini sudah bergejala misalnya berat badan turun, kemudian banyak kencing, haus, yang kita istilahnya banyak makan, kita istilahnya 3P (yaitu) polifagi, poliuri, polidipsi, jadi banyak makan, banyak kencing, kemudian juga haus terus menerus itu adalah gejala. Kalau gejala seperti itu kemungkinan sudah lanjut," jelas Prof Ari kepada detikcom beberapa waktu lalu.

"Yang terpenting bagaimana kita mendeteksi adalah pemeriksaan rutin gula darah. Terutama pada orang-orang yang punya riwayat kencing manis pada keluarganya, atau pada orang yang sudah berumur di atas 40 tahun untuk cek gula darahnya. Karena sekali lagi ketika dia mempunyai gejala dari diabetesnya, itu biasanya kondisi diabetesnya sudah berlanjut," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Picu Pria Harus Amputasi Kaki, Begini 3 Tanda Diabetes Pada Fase Lanjut"