Hagia Sophia

30 August 2023

Jokowi Akan Mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung 8 September 2023

Kereta cepat Jakarta-Bandung. (Foto: Yuga Hassani/detikJabar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera meresmikan kereta cepat Jakarta Bandung. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakan jika Jokowi bakal meresmikan proyek yang sudah resmi masuk dalam daftar Objek Vital Nasional tersebut. "KCIC saya kira gak ada masalah. Presiden nanti akan naik pertama kali tanggal 8 (September 2023) direncanakan," kata Luhut di Gedung Sate Bandung, Selasa (29/8/2023).

Sebelum itu Luhut akan lebih dulu menjajal kereta cepat pada 6 September bersama Ridwan Kamil meski saat itu pria yang akrab disapa Kang Emil ini sudah tidak lagi menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

"Tanggal 6 nanti saya dengan Pak Gubernur walaupun beliau (Ridwan Kamil) sudah gak gubernur tapi sebagai tokoh masyarakat, kami akan coba dari Jakarta ke Bandung, untuk kedua kali saya coba," ujarnya.

Setelah diresmikan, nantinya kereta cepat ini akan langsung melayani masyarakat secara gratis selama satu bulan. Hal-hal itu dilakukan berdasarkan janji Presiden Jokowi yang telah disampaikan beberapa kali dalam uji coba lintasan beberapa waktu kemarin.

"Karena percobaan 1 bulan jadi dikasih masih gratis. Kalau LRT kemarin diberikan Rp 5 ribu, tapi secara bertahap jumlahnya juga dan jaraknya dari 8 menit ke 4 menit, sehingga nanti masalah penggunaan mobil ke Jakarta kita harap akan berkurang," ungkapnya.

Lebih lanjut, Luhut menuturkan jika proyek kereta cepat saat ini sedang dikaji lebih jauh agar bisa berlanjut hingga ke Surabaya. Hal ini dilakukan demi mewujudkan adanya transportasi massal yang terintegrasi di Pulau Jawa.

"Kita sedang buat studi untuk pemerintah yang akan datang, meneruskan sampai Surabaya. Kenapa? Karena dari hasil studi, Jawa jadi kota pulau. Transportasi cepat sangat dibutuhkan," tutup Luhut.



























Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Jokowi Akan Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung 8 September 2023"