Hagia Sophia

30 August 2023

Minum Teh Tarik 3 Gelas Sehari, Kaki Pria Ini Harus Diamputasi

Viral kaki pria diamputasi gegara es teh tarik. (Foto: Tangkapan Layar TikTok)

Teh tarik, semua orang pasti menyukainya. Namun, apa yang terjadi jika minuman manis dan pelepas dahaga ini menjadi sesuatu mematikan?

Seorang pria asal Malaysia yang akrab disapa Azlan terkena diabetes hingga kakinya harus diamputasi. Dia juga mengklaim bahwa akibat gaya hidup yang tidak sehat, dia akhirnya mengidap diabetes yang menyebabkan lukanya sembuh lebih lambat.

Melalui sebuah video TikTok yang diunggah oleh akun @kedidi_kakipalsu, Azlan menceritakan bahwa ia telah berjuang melawan diabetes selama lebih dari 30 tahun. Ia menjelaskan bagaimana kaki kanannya diamputasi.

Dia mengaku bahwa ketika ia masih muda, ia tidak dapat beraktivitas tanpa mengonsumsi setidaknya tiga cangkir minuman tersebut.

"Saya menyukai 'Teh Tarik' dan selalu meminumnya setiap hari di pagi, siang, dan malam hari. Selain itu, saya juga sering mengonsumsi minuman berkarbonasi," ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa dia harus selalu menyediakan 'Teh Tarik' di mobilnya setiap saat. Jika kehabisan, dia akan pergi membeli minuman manis. Terlebih, Azlan juga mengaku bahwa ia sering makan tidak teratur.

Alhasil, ia menderita diabetes yang menyebabkan lukanya sembuh lebih lambat akibat gaya hidupnya yang tidak sehat. Dokter mengatakan bahwa dirinya tidak punya pilihan selain mengamputasi kaki kanannya setelah lukanya memburuk dan mengalami infeksi serius.

Video yang telah ditonton lebih dari 1.5 juta kali ini menuai banyak komentar dari para pengguna online. Postingan tersebut menjadi hal yang mengkhawatirkan, mengingat banyaknya rakyat Malaysia yang memiliki masalah gula.

Dikutip dari laman Kemenkes RI, diabetes dapat menyebabkan dua potensi ancaman untuk kaki yang dapat menyebabkan amputasi. Ketika jaringan saraf di kaki rusak, sensasi rasa sakit menjadi berkurang. Itu sebabnya, kaki dapat terluka atau terpotong tanpa disadari pasien.

Diabetes juga dapat mempersempit pembuluh arteri, sehingga dapat mengurangi aliran darah ke kaki. Kurangnya darah untuk memberi nutrisi pada jaringan kaki menjadi luka sulit disembuhkan.

Luka kecil yang tersembunyi di bawah kaki dapat cepat berkembang menjadi luka besar yang parah sehingga harus diamputasi.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Kaki Pria Harus Diamputasi gegara Minum Teh Tarik 3 Gelas Sehari"