Hagia Sophia

04 August 2023

Ini Kata Jokowi Terkait Longspan LRT Gatsu-Kuningan Salah Desain

Longspan LRT Jabodebek Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan konstruksi longspan LRT Jabodebek dari Gatot Subroto menuju Kuningan salah desain. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaklumi masih belum sempurnanya proyek LRT ini, tapi dia memastikan perbaikan akan dilakukan.

"Ya kan MRT itu kan baru kita bangun pertama kali. MRT, LRT itu juga baru pertama kali kita bangun. Baru pertama kali semua. Kereta cepat juga baru pertama kali. Jadi kalau ada hal yang masih kurang sempurna, masih ada perbaikan, masih ada koreksi, ya memang semuanya harus dievaluasi. Nggak bisa bagus, nggak. Yang paling penting keselamatan dan keamanan. Udah," kata Jokowi setelah menjajal LRT, di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2023).

Jokowi menuturkan wajar jika ada koreksi dan evaluasi yang harus dilakukan dalam proyek LRT ini. Dia pun meminta semua pihak tidak mencari-cari kesalahan.

"Tadi kan sudah saya sampaikan ini LRT ini yang pertama kali kita kerjakan. Jadi kalau ada koreksi ada yang perlu dievaluasi ada yang perlu diperbaiki ya kita perbaiki jangan seneng cari-cari kesalahan. Karena kesalahan pasti ada karena baru pertama kali," ujarnya.

Lagipula, lanjut Jokowi, LRT ini masih dalam tahap uji coba. Menurutnya, lumrah jika masih ada hal yang harus diperbaiki dan dievaluasi.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan karena itu penting dilakukan uji coba terhadap LRT ini. Hal itu agar saat dioperasikan nanti, keamanan dan keselamatan penumpang LRT terjamin.

"Dan ini adalah produksi Inka, konstruksinya juga dikerjakan oleh kita sendiri, semuanya oleh kita sendiri. Jadi kalau ada kurang-kurang ya harus kita maklumi tetapi kita perbaiki," kata Jokowi.

"Jadi kalau ada kekurangan masih ada yang perlu dikoreksi, masih ada yang perlu dievaluasi ya saya kira wajar. Jangan mengharapkan ini nanti operasi langsung semuanya sempurna. Nggak. Pasti ada perbaikan-perbaikan sistem, perbaikan perbaikan teknis dan lain-lainnya," imbuh dia.



























Artikel ini telah tayang di news.detik.com dengan judul "Jokowi soal Longspan LRT Gatsu-Kuningan Salah Desain: Ada Perbaikan-Koreksi"