Hagia Sophia

04 August 2023

YouTuber Ini Ramai Dibincangkan Usai Pamerkan Tubuhnya yang Kurus di TikTok

Eugenia Cooney. (Foto: Instagram)

YouTuber Eugenia Cooney belakangan ramai diperbincangkan publik. Ia kembali menjadi sorotan setelah memamerkan tubuhnya yang sangat kurus lewat video di TikTok.

Diketahui, wanita 29 tahun itu mengidap gangguan makan atau disebut anoreksia. Kondisi ini membuat pengidapnya merasa tubuhnya tidak cukup kurus, sehingga membuat mereka membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi untuk mendapatkan tubuh yang sesuai dengan 'ideal' mereka.

Teman-teman Cooney pun sangat khawatir terhadap kesehatannya lantaran tubuhnya yang sangat kurus. Mereka bahkan pernah sengaja 'menipu' Cooney agar sang vlogger masuk ke fasilitas rehab.

Hal itu terjadi pada 2019. Kala itu, teman-teman Cooney mengajaknya bermain ke sebuah escape room.

Awalnya, Cooney tidak curiga dengan ajakan teman-temannya itu. Namun, semua berubah ketika mereka meminta Cooney duduk dalam sebuah ruangan dan menyampaikan kecemasan mereka.

"Aku akhirnya pergi ke sana dan semuanya terlihat normal. Kemudian, mereka memintaku duduk ... dan mulai mengungkapkan kekhawatiran mereka akan kondisiku," ujar Cooney dikutip dari Insider, Kamis (3/8/2023).

Tak lama, muncul dua orang wanita yang kemudian menginterogasi Cooney tentang kesehatan dan berat tubuhnya. Saat itu Cooney menyadari apa yang sebenarnya terjadi, dan merasa dikhianati oleh sahabat-sahabatnya.

Cooney akhirnya dibawa ke sebuah fasilitas rehab. Namun, fasilitas rehab tersebut tidak secara spesifik diperuntukkan menangani pasien gangguan makan, melainkan untuk merawat pasien dengan penyakit mental.

Sesampainya di fasilitas tersebut, Cooney mengaku melihat berbagai hal yang membuatnya merinding. Bahkan, ada salah satu pasien yang dirawat karena memiliki keinginan untuk menabrak orang dengan mobilnya.

"Saat kamu berada di sana, itu sangat menakutkan karena kamu melihat sejumlah hal gila terjadi. Ada banyak orang yang berteriak, ada satu orang yang bercerita kalau dia baru saja keluar dari penjara," tutur Cooney.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tubuh Kurus Eugenia Cooney Imbas Anoreksia Disorot, Jalani Rehab Tapi Tak Berhasil"