Hagia Sophia

16 August 2023

Wanita Texas Ini Rayakan Ulang Tahun ke-114, Ini Rahasia Panjang Umurnya

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Barcin

Seorang wanita di Texas, Elizabeth Francis, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-114 ditemani lima generasi keturunannya. Ia dikenal sebagai wanita tertua di Texas dengan gen 'panjang umur'. Pasalnya, beberapa anggota keluarganya pun kini hidup dengan usia yang terhitung panjang umur, seperti adiknya yang kini berusia 106 tahun.

"Saya hanya berterima kasih kepada Tuhan yang baik karena menjaga saya," kata Francis dikutip dari CNBC, Selasa (15/8/2023).

Namun di samping faktor genetik, gaya hidup Francis juga diyakini memberikan pengaruh kepada hidupnya yang panjang umur. Salah satunya, Francis tidak pernah merokok dan minum minuman beralkohol walaupun tidak memiliki pantangan makanan tertentu.

"Dia selalu menanam sayurannya di halaman belakang. Saya tidak pernah melihatnya pergi ke restoran cepat saji seperti Chick-fil-A dan semua tempat yang saya sukai. Dia tidak pernah melakukan itu," kata cucu Francis, Ethel Harrison.

"Setiap kali kita pergi ke rumahnya, saya tidak peduli hari apa dalam seminggu, dia sedang memasak. Jadi, saya pikir itu juga ada hubungannya dengan itu. Dia merawat tubuhnya dengan hal-hal seperti itu," imbuhnya.

Seorang peneliti yang mempelajari ribuan centenarian atau yang diartikan sebagai orang yang hidup mencapai usia 100 tahun atau lebih, dr Thomas Perls, mengungkapkan lima kebiasaan sehari-hari yang dapat meningkatkan peluang seseorang untuk hidup mencapai 90 tahun atau lebih:
  • Mengelola tingkat stres
  • Mendapatkan kualitas tidur yang baik
  • Makan secara sehat
  • Sering berolahraga
  • Tidak merokok
Seorang dokter geriatri, dr Holly Holmes menyampaikan hal senada. Menurutnya, Francis memang telah melakukan segala hal yang bisa membuat seseorang hidup panjang umur.

"Hal-hal yang kita tahu perlu kita lakukan seperti bergerak lebih banyak, makan lebih baik, lebih banyak pola makan nabati, memiliki hubungan sosial, menghindari kesepian dan isolasi," beber Holmes.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Wanita di Texas Rayakan Ultah Ke-114, Dokter Ungkap Rahasia Panjang Umurnya"