Hagia Sophia

16 August 2023

Ini Pentingnya Moisturizer untuk Lindungi Wajah dari Bahaya Polusi

Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Tak hanya pernapasan, kulit wajah tak kalah penting untuk dijaga khususnya oleh mereka yang sehari-hari masih harus beraktivitas di luar rumah saat polusi udara di Jabodetabek sedang parah-parahnya. Di samping penggunaan masker dan menjaga asupan makan, penggunaan skincare juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah.

Sebagaimana dijelaskan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin di Erha Clinic Depok, dr Irwan Junawanto, SpKK, penggunaan moisturizer atau pelembap merupakan bagian dari rangkaian skincare yang tidak boleh sampai ketinggalan dalam upaya proteksi kulit dari paparan polusi udara.

Sebab, moisturizer bekerja bukan hanya untuk mencegah kulit kering, melainkan juga menjaga barrier kulit wajah.

"Memang moisturizer ini sangat penting, karena kalau kita sudah baca di beberapa media sosial, moisturizer ini merupakan bagian dari basic skincare. Dalam basic skincare ini kita akan melihat, memang moisturizer ini memberikan kelembaban dan menjaga skin barrier kita agar tidak mengalami kendala atau gangguan," terangnya saat ditemui detikcom, Jumat (11/8/2023).

Mengacu pada pantauan dr Irwan, kebanyakan pasien yang datang berkonsultasi kepadanya, masalah kulit wajah dipicu oleh dua faktor yakni penggunaan skincare yang tidak cocok dan paparan polusi udara. Sekaligus ia menyinggung, beragam produk skincare kini bisa diperoleh di toko-toko online, bahkan dengan harga yang murah.

"Kadang-kadang misalnya saya temukan di praktik sehari-hari, gangguan skin barrier ini bisa merupakan eksim. Kemudian pasien datang dengan dry skin, kondisi kulitnya juga tidak begitu baik sehingga pasien kadang merasa gatal kemudian tidak pede dalam melakukan aktivitas sehari-hari," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Jangan Di-skip! Sepenting Ini Moisturizer Proteksi Wajah dari Bahaya Polusi"