Hagia Sophia

18 October 2023

Awalnya Ada Benjolan di Puting, Pria Ini Terserang Kanker Payudara Stadium 4

Ilustrasi kanker payudara pada pria. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Seorang pria asal Florida, Zac Yarbrough (43) menceritakan kisahnya mengidap kanker payudara. Hal ini begitu mengejutkan baginya lantaran ia tak pernah mengira kanker payudara juga bisa dialami oleh pria.

Semua itu berawal ketika ia sedang berenang bersama kedua putrinya lima tahun yang lalu. Ia merasakan ada benjolan di bagian bawah puting kirinya.

Awalnya ia tidak memperdulikan kondisi tersebut. Ia bahkan tetap aktif untuk mengikuti berbagai kompetisi. Namun, benjolan tersebut terus membesar hingga sebesar bola golf dan membuatnya seperti memiliki payudara.

Karena kondisi tersebut, Zac akhirnya memeriksakan diri ke dokter. Tenaga medis yang melakukan pemeriksaan melakukan mammogram dan hasilnya ia dinyatakan mengidap kanker stadium empat. Kanker tersebut juga sudah menyebar ke kelenjar getah bening dan paru-paru.

"Bagian tersulit dalam perjalanan kanker saya adalah mengetahui bahwa saya menghindari menemui dokter selama berbulan-bulan," ucap Zac dikutip dari Daily Mail, Selasa (17/10/2023).

"Tetapi banyak orang seperti saya di masa lalu, tidak tahu bahwa pria bisa juga terkena kanker payudara," sambungnya.

Lima hari kemudian setelah diagnosisnya, Zac menjalani serangkaian prosedur untuk merawat kesehatannya. Ia menjalani mastektomi radial, pengangkatan puting, areola, otot, dan kelenjar getah bening yang ada di sekitar payudara.

Tidak hanya itu saja, Zac juga menjalani 12 putaran kemoterapi dan lebih dari 36 perawatan radiasi. Hingga kini Zac masih terus berjuang melawan penyakitnya dan menjalani kemoterapi setiap tiga minggu sekali. Ia juga mengonsumsi beberapa obat yang diberikan oleh dokter.

"Saya tahu itu akan memberi saya kesempatan terbaik untuk hidup. Oleh karena itu saya tidak keberatan jika memiliki bekas luka," ujar Zac.

"Saya baru saja mendapatkan hasil scan yang menunjukkan hasil terbaik yang pernah saya dapatkan selama bertahun-tahun. Tubuh saya merespon pengobatan dengan baik," tambahnya.

Walaupun kini harus berjuang melawan kanker, Zac memilih untuk tetap menjalani kehidupannya seperti biasa. Ia mencoba meluangkan waktu untuk hobinya dan menghabiskan lebih banyak waktu di luar.

"Secara mental saya bertekad untuk menjalani hidup seperti biasa. Terlalu banyak kehidupan yang harus dijalani. Saya belajar sejak awal bahwa saya bisa saja lelah di sofa rumah atau lelah di luar ruangan. Tapi saya memilih air atau hutan kapan saja," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kisah Pria Kena Kanker Payudara Stadium 4, Gejala Awal Benjolan di Puting"