Hagia Sophia

18 October 2023

Penyakit Cacar Monyet Kembali Muncul di DKI, Ini Gejala yang Muncul

Ilustrasi cacar monyet. (Foto: Getty Images/JUN LI)

Kasus cacar monyet (monkeypox atau mpox) kembali ditemukan di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan telah menemukan dua kasus cacar monyet.

Kasus cacar monyet terbaru dilaporkan pada 14 Oktober 2023 lalu. Pasien didiagnosis mengidap cacar monyet setelah sebelumnya datang dengan keluhan jerawat di wajah.

"Belum lama ini, kemarin kita mendapat laporan kembali satu kasus sehingga sampai pada hari ini kita mempunyai dua kasus konfirmasi [cacar monyet] yang kebetulan keduanya berada di Jakarta," ujar anggota Tim Kerja Direktorat dan Kekarantinaan Kemenkes Chita Septiawati dalam webinar daring, Senin (16/10/2023).

Cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox, virus yang termasuk dalam kelompok Orthopoxvirus. Meski memiliki gejala yang mirip dengan cacar (smallpox), cacar monyet dapat menyebabkan bintil yang bernanah dan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Berikut gejala-gejala cacar monyet:

1. Demam
Cacar monyet dapat menimbulkan gejala yang mirip dengan flu. Salah satunya adalah demam.

Demam umumnya ditandai ketika suhu tubuh mencapati di atas 38,5 derajat celcius. Demam merupakan indikasi kalau sistem kekebalan sedang melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh.

2. Pusing atau Sakit Kepala
Gejala mirip flu lain yang dapat disebabkan oleh cacar monyet adalah pusing atau sakit kepala.

3. Menggigil dan Berkeringat Dingin
Demam akibat cacar monyet biasanya turut disertai gejala lain, seperti menggigil dan keringat dingin.

4. Nyeri pada Otot
Cacar monyet dapat menyebabkan nyeri pada otot-otot di sekujur tubuh. Nyeri otot dapat terjadi ketika tubuh mengalami masalah kesehatan seperti infeksi.

5. Pembengkakan pada Kelenjar Getah Bening
Gejala khas yang membedakan cacar monyet dengan cacar biasa yaitu adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Pembengkakan biasanya terjadi di area tubuh seperti leher, ketiak, dan selangkangan.

6. Ruam
Ruam biasanya muncul dalam waktu 1-5 hari setelah gejala pertama, seperti demam, timbul. Ruam cacar monyet umumnya muncul di area wajah, tangan, atau kaki yang kemudian menyebar ke bagian tubuh yang lain. Pada beberapa kasus, ruam cacar monyet juga bisa muncul pertama kali di area kemaluan, mulut, atau tenggorokan.

7. Bintil Bernanah pada Kulit
Seperti cacar pada umumnya, cacar monyet juga menyebabkan munculnya bintil pada kulit. Perbedaannya, bintil akibat cacar monyet mengeluarkan cairan berupa nanah.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Gejala Cacar Monyet, Penyakit yang Muncul Lagi di DKI"