Hagia Sophia

29 October 2023

Liga Inggris: Arsenal Unggul Atas Sheffield United 5-0

Arsenal menang 5-0 atas Sheffield United dalam lanjutan Premier League (Foto: Action Images via Reuters/ANDREW COULDRIDGE)

Arsenal menang telak 5-0 atas Sheffield United di lanjutan Premier League. Eddie Nketiah menjadi bintang dengan memborong tiga gol.

Duel Arsenal vs Sheffield United digelar di Emirates Stadium, Sabtu (28/10) malam WIB. Usai unggul 1-0 di babak pertama, Arsenal menambah empat gol pada paruh kedua.

Dalam pertandingan ini, Eddie Nketiah mencetak hat-trick pertamanya di Premier League. Dua gol Arsenal lainnya diciptakan oleh Fabio Vieira dan Takehiro Tomiyasu.

Dengan kemenangan ini, Arsenal naik ke peringkat dua klasemen Liga Inggris dengan 24 poin. Sementara Sheffield United terbenam di dasar klasemen dengan satu poin.

Jalannya Pertandingan

Arsenal menguasai permainan pada menit-menit awal. Meski demikian, dominasi Arsenal tak menciptakan peluang berbahaya.

Arsenal mendapat peluang lewat serangan balik usai David Raya menggagalkan tendangan bebas Sheffield United. Raya langsung mengirim bola ke Gabriel Martinelli.

Martinelli menggiring bola hingga ke kotak penalti Sheffield. Namun lini belakang Sheffield tampil solid untuk menggagalkan operan Martinelli ke Bukayo Saka.

Arsenal akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-28. Eddie Nketiah membawa Arsenal unggul usai memanfaatkan umpan dari Declan Rice.

Arsenal membangun serangan dari sisi kanan dan Rice kemudian mengirim bola kepada Nketiah yang ada di kotak penalti. Nketiah sukses menaklukkan Wes Foderingham untuk membawa Arsenal unggul 1-0.

Arsenal mengancam lewat tembakan Martinelli dari dalam kotak penalti. Namun Foderingham masih bisa menepisnya.

Babak kedua berjalan lima menit, Arsenal menggandakan keunggulannya. Nketiah mencetak gol keduanya pada menit ke-50.

Berawal dari tendangan sudut Saka, bola ditepis oleh Foderingham. Bola liar langsung disambar oleh Nketiah.

Nketiah menciptakan hat-trick pada menit ke-58. Menerima bola dari Emile Smith Rowe, Nketiah kemudian melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Tomiyasu mencoba melepaskan tembakan mendatar dari depan kotak penalti. Namun upayanya itu masih menyamping dari gawang Sheffield.

Arsenal mendapat penalti pada menit ke-87 menyusul pelanggaran Norwood keada Fabio Vieira. Wasit sempat mengecek VAR sebelum mengambil keputusan ini.

Viera maju sebagai eksekutor. Tendangannya ke arah tengah sukses mengecoh Foderingham.

Arsenal mencetak gol kelimanya pada injury time, tepatnya menit ke-90+6. Takehiro Tomiyasu menyambar bola liar di depan gawang usai situasi sepak pojok.

Susunan Pemain

Arsenal: David Raya; Ben White (Tomiyasu 66'), William Saliba, Jakub Kiwior, Oleksandr Zinchenko; Emile Smith Rowe (Vieira 73'), Declan Rice, Kai Havertz; Bukayo Saka (Nelson 73'), Eddie Nketiah, Gabriel Martinelli (Trossard 66')

Sheffield United: Wes Foderingham; Jayden Bogle (Baldock 71'), Auston Trusty, Jack Robinson, Luke Thomas; James McAtee (Fleck 71'), Oliver Norwood, Anis Ben Slimane (Osborn 59'), Vinicius Souza, Gustavo Hamer; Rhian Brewster (Archer 59')





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Arsenal Vs Sheffield United: Nketiah Hat-trick, The Gunners Menang 5-0"