Hagia Sophia

29 October 2023

Liga Italia: Juventus Kalahkan Verona 1-0

Juventus kalahkan Verona 1-0 lewat gol di menit akhir injury time (REUTERS/MASSIMO PINCA)

Juventus harus susah payah untuk bisa mengalahkan Hellas Verona dengan skor 1-0. Gol kemenangan The Old Lady dicetak di pengujung babak kedua.

Duel Juventus vs Verona dihelat di Allianz Stadium, Minggu (29/10/2023) dini hari WIB. Tuan rumah menurunkan skuad terbaiknya menghadapi Verona yang berada di papan bawah.

Moise Kean, Dusan Vlahovic, dan Filip Kostic dipasang untuk mencari gol sebanyak-banyaknya. Juventus bertindak sebagai tuan rumah bermain agresif sejak menit awal.

Pada menit ke-14, Juventus sempat mencetak gol lewat Moise Kean. Kean merebut bola dari Giangjacomo Magnani dan melewati satu lagi pemain Verona sebelum menembak ke pojok gawang dari jarak 20 yard.

Sayangnya, gol itu dianulir VAR karena dalam tayangan ulang, bola sempat menyentuh kaki Vlahovic yang sudah terjebak offside.

Kean punya kans lagi lewat sundulan pada menit ke-18 meneruskan free kick Manuel Locatelli, tapi bola bisa ditepis Lorenzo Montipo.

Dua menit kemudian Kean membuang peluang lagi saat sepakannya dari jarak dekat meneruskan umpan tarik Kostis malah melebar. Padahal Kean berada di depan gawang.

Vlahovic mendapat peluang pertamanya pada menit ke-36 dari sundulan meski arahnya melenceng. Peluang terbaik Verona hadir pada menit kedua injury time babak pertama berkat tandukan Federico Bonazzoli, yang bisa diamankan Wojciech Szczesny.

Masuk di babak kedua, Juventus coba memasukkan Fabio Miretti menggantikan Timothy Weah untuk membuat serangan lebih bervariasi.

Juventus sebetulnya membobol lagi gawang Verona pada menit ke-54 lewat Kean yang mencocor bola umpan Weston McKennie. Gol itu lagi-lagi dianulir VAR karena Kean melakukan pelanggaran duluan sebelum build-up.

Sebelum bermain umpan 1-2 dengan McKennie, Kean dianggap melanggar Davide Faraoni saat merebut bola.

Montipo di bawah mistar Verona terus diuji ketangguhannya oleh para pemain Juventus. Federico Chiesa yang masuk sebagai pengganti menembak dari jarak 18 yang bisa ditepis Montipo pada menit ke-64.

Empat menit kemudian Chiesa punya kesempatan untuk bikin gol, andaikan Magnani tak membuang bola tepat di garis gawang.

Andrea Cambiaso! Upaya Juventus untuk mencari gol akhirnya terwujud pada menit ke-96. Pemain pengganti Cambiaso tinggal mencocor bola sundulan Arkadiusz Milik ke gawang, setelah sebelumnya mengenai tiang.

Cambiaso merayakannya dengan membuka jersey dan berlari ke arah kerumunan fans Juventus di tribune. Skor 1-0 bertahan hingga laga Juventus vs Verona usai.

Andre Cambiaso merayakan gol kemenangan Juventus. (Foto: REUTERS/MASSIMO PINCA)

Tambahan tiga poin membuat Juventus kukuh di posisi ketiga Klasemen Serie A dengan 21 poin dari 10 laga, selisih satu angka dari Inter Milan di puncak. Verona masih ada di posisi ke-16 dengan sembilan poin.

Susunan pemain

Juventus: Wojciech Szczesny; Frederico Gatti, Gleison Bremer, Daniele Rugani; Timothy Weah, Weston McKennie, Manuel Locatelli, Adrien Rabiot, Filip Kostic; Dusan Vlahovic, Moise Kean.

Hellas Verona: Lorenzo Montipo; Pawel Dawidowicz, Giangiacomo Magnani, Filippo Terracciano; Josh Doig, Michael Folorunsho, Martin Hongla, Marco Davide Faraoni; Ondrej Duda; Milan Djuric, Federico Bonazzoli.






























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Juventus Vs Verona: Si Nyonya Tua Menang Dramatis"