Hagia Sophia

29 October 2023

Luhut Panjaitan Masih Dirawat di Singapura, Ini Kondisinya Saat Ini

Foto: Samuel Gading/detikcom

Kondisi Menko Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan disebut semakin membaik. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Saat ini, Luhut masih menjalani perawatan dan pengobatan di Singapura. Ia dirawat setelah sempat merasakan kelelahan yang hebat, tidak seperti biasanya.

"Alhamdulillah beliau baik, suaranya baik, saya lagi menunggu giliran menjenguk saja," beber Erick pada wartawan di Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (28/10/2023).

Namun, Erick tidak menjelaskan soal sakit yang dialami Luhut dan kapan kembali ke Indonesia. Ia mengaku tidak berani membicarakannya.

"Saya bukan dokter, saya nggak bisa tebak. Nanti kalau saya bilang seminggu (atau) dua minggu tapi (nanti) meleset. Saya nggak berani bilang," tuturnya.

Sebelumnya, Luhut juga sempat memberikan kabar terbaru soal kondisinya selama menjalani pengobatan di Singapura. Setelah seminggu menjalani pemulihan, ia menjalani beberapa tahapan perawatan medis.

Sempat juga beredar rumor di media sosial yang menunjukkan Luhut terbaring sakit dengan narasi 'Luhut sedang kritis'. Namun, hal itu ditepis langsung oleh Luhut dan meminta masyarakat untuk tidak percaya kabar-kabar hoaks yang menyangkut kondisinya.

"Dan kalau boleh teman-teman tidak usah percaya terhadap foto-foto yang banyak bertebaran berseliweran yang aneh-aneh gitu. Saya overall dari hasil tim dokter tadi melaporkan progres saya maju sangat signifikan," ujar Luhut dalam video di akun Instagramnya yang diunggah pada Selasa (17/10).

"Boleh jadi kemajuan yang saya alami dalam proses pemulihan ini juga disebabkan oleh rasa tidak sabar untuk kembali bekerja lagi," pungkasnya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Terkini Luhut Panjaitan yang Dirawat di Singapura usai Kelelahan Hebat"