Hagia Sophia

20 November 2023

Luhut B Pandjaitan Sudah Boleh Pulang dari RS di Singapura

Foto: Samuel Gading/detikcom

Menkomarinves Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan kabar terbarunya pasca mendapatkan perawatan intensif di Singapura. Ia mengatakan sejak tiga hari lalu sudah diperbolehkan keluar dari General Hospital Singapore.

Meski begitu, Luhut masih belum bisa kembali ke Indonesia. Sebab, dirinya masih harus menjalani rawat jalan untuk memastikan kondisinya pulih sepenuhnya.

"Bicara soal kondisi fisik saat ini, Puji Tuhan saya senang sekali sudah bisa mulai berolahraga secara intens," ungkap Luhut dalam postingan terbarunya di Instagram pribadi, seperti dilihat detikcom Sabtu (18/11/2023).

"Saya sudah tiap hari jalan sekarang. Ya bertahap, satu setengah kilometer, dua kilometer. Saya tadi sudah mulai angkat beban sedikit, ya sudah mulai sedikit plank juga tadi walaupun baru 15 detik," sambungnya.

Luhut mengungkapkan dirinya sangat senang sekali sudah bisa kembali berolahraga. Selama mendapatkan perawatan intensif, ia merasa tidak ada banyak perbedaan kondisi pasca sakit.

Hanya saja, penampilan Luhut sudah terlihat sedikit berbeda. Rambutnya hampir seluruhnya memutih.

"Yang beda hanya warna rambut saja perlu disemir ulang. Warna rambut yang berbeda ini barangkali sebuah isyarat bahwa sudah serindu itu saya dengan suasana di Indonesia," bebernya.

Sebelumnya, Luhut telah menjalani perawatan intensif selama hampir satu bulan. Proses pemilihan pasca mengalami kelelahan luar biasa dan kondisinya terus berangsur membaik hingga sudah diperbolehkan keluar dari rumah sakit.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kabar Terbaru Luhut Pasca Diperbolehkan Pulang dari RS di Singapura"