Hagia Sophia

20 November 2023

Heboh Wanita Asal Sidoarjo Kena Fistula Ani Karena Doyan Jajan

Foto: Tangkapan layar viral TikTok

Melalui akun TikTok pribadinya @Endell19, seorang wanita di Sidoarjo yang bernama Dini (21) membagikan kisahnya mengidap fistula ani. Kisahnya viral lantaran, seperti anak muda pada umumnya, dirinya mengaku doyan mengonsumsi jajanan-jajanan kotor, seperti mie pedas dan minuman es.

Akibat pola makannya yang buruk tersebut, ia mengalami kesulitan buang air besar. Di tahun 2021, dirinya mengalami buang air besar yang sulit (BAB keras) hingga membuatnya ngeden dengan sangat kuat.

Setelah kejadian tersebut, Dini mendapati kemunculan benjolan bernanah pada duburnya. Benjolan tersebut sempat membesar dan kemudian mengecil dalam beberapa hari. Kemudian, benjolan tersebut pecah, yang disertai dengan rasa sakit hingga menyebabkan demam.

"Sama seperti anak muda jama sekarang, suka banget makan bakso yang super pedas, mie, suka makan seblak, minum es, itu dari dulu. Terus awal mulanya itu di tahun 2021, tiba-tiba mengalami BAB keras, jadi habis BAB keras langsung muncul kayak benjolan gitu, tapi masih belum keluar cairan nanahnya," terang Dini kepada detikcom, Sabtu (18/11/2023).

"Jadi benjolannya itu agak besar, terus sampai seminggu, kemudian benjolannya jadi mengecil, kemudian 'jebrot', pecah. Pas pecah itu kayak sampai sakit sampai-sampai demam," sambungnya.

Awalnya, ia hanya beranggapan bahwa gejala tersebut adalah bisul biasa dan tidak menganggapnya serius. Sebagai gantinya, wanita berusia 21 tahun ini memilih berkonsultasi dengan saudaranya yang bekerja di rumah sakit dan diberi obat berupa salep.

Namun, seiring berjalannya waktu, rasa sakit semakin intens dan gejala yang Dini alami semakin parah. Dirinya merasakan nyeri hebat yang membuatnya merasa sakit untuk duduk. Tak usai di situ, nanah dari benjolan di duburnya semakin banyak dan menyengat.

"Pas rasa sakit banget itu di 2022, akhir-akhir mau 2023 itu sakit, buat duduk itu sakit banget, terus malah makin keluar banyak cairan nanahnya. Terus sampai baunya itu udah nyengat nggak enak," imbuhnya.

"Nyeri jujur, nyeri banget. Kalau udah duduk lama itu rasanya kayak pantat kayak nyeri banget. Pas duduk sama pas kecapekan kerja itu sakit banget, sampai jalannya sampai pantatnya nyeri sebelah," sambungnya.

Karena mengalami penderitaan yang tak kunjung reda, Dini mulai mencari tahu kondisi yang dialaminya di internet. Ia membaca tentang fistula ani dan mendapati gejala-gejalanya mirip dengan yang ia rasakan selama hampir dua tahun.

Akhirnya, pada bulan April 2023, Dini memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Ia didiagnosis mengidap fistula ani yang harus dioperasi.

"Periksa ke rumah sakit biar bisa ditangani karena udah lama banget. Bulan April 2023. Langsung dibilang itu penyakit fistula ani dan nggak ada obatnya, obatnya cuma dioperasi," terangnya.

Dini menjalankan dua kali operasi, yakni di bulan Juni dan Agustus.

"Operasi bulan Juni karena nunggu buat BPJS itu selama satu bulan, itu untuk operasi pertama. Dua kali operasi, di bulan Juni dan Agustus. Perlu karena pas operasi pertama itu masih keluar cairannya, keluar banyak," ceritanya.

Saat ini, kondisi Dini telah membaik. Namun, dirinya masih sering mendapati benjolan bernanah seperti bisul di bekas operasinya. Selain itu, rasa nyerinya juga masih sering kambuh meskipun tidak seintens dulu.

"Alhamdulillah udah baik, tapi tetap aja keluar cairan nanahnya (di bekas operasinya). Kalau cairan nanahnya udah nutup, terus (mucul) kayak gelembung lagi. Udah ke dokter lagi, tapi katanya memang suka kambuh. Kalau kecapekan dan duduk lama agak nyeri dikir, tapi nggak senyeri yang waktu sebelum operasi," sebutnya.

Melalui kisahnya, Dini mengimbau obang-orang agar tidak mengabaikan kesehatannya dan segera periksa ke dokter apabila menemukan hal yang janggal pada tubuh. Pasalnya, akibat tidak menghiraukan gejala yang ia rasakan selama dua tahun, fistula ani yang diidapnya sudah semakin parah.

"Jangan takut untuk periksa ke dokter, karena kalo nggak periksa nanti penyakitnya tambah bisa parah kalau dibiarin. Aku udah lumayan parah karena dua tahun dibiarin. Fistula ani aku udah sampai ke dalam anusnya. Makanya pas operasi itu bolongnya sampai ke anus kemudian dijahitnya antara anus dengan lubang fistulanya," tandasnya.

Dikutip dari Mayo Clinic, fistula ani adalah saluran yang muncul di antara bagian dalam anus dan kulit luar di sekitar anus. Sebagian besar fistula ani adalah hasil dari infeksi yang dimulai pada kelenjar anus.

Infeksi ini menyebabkan abses yang dapat mengering dengan sendirinya atau dikeringkan melalui pembedahan melalui kulit di sebelah anus. Saluran drainase ini tetap terbuka dan menghubungkan kelenjar anus yang terinfeksi atau saluran anus ke lubang di kulit luar di sekitar anus.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Wanita Kena Fistula Ani gegara Doyan Jajan, BAB Berdarah sampai Harus Operasi"