Hagia Sophia

20 November 2023

Olahraga Berikut yang Bisa Bantu Perbesar Payudara Tanpa Operasi

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/mheim3011

Bagi sebagian wanita, ukuran payudara menjadi sesuatu yang sangat penting.Tak jarang, banyak wanita yang melakukan operasi untuk membesarkan bagian tubuh ini lantaran dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Meski bisa memberikan hasil secara instan, prosedur tersebut memiliki risiko yang tinggi. Bahkan, tak sedikit dari prosedur tersebut berujung kematian karena dilakukan secara 'abal-abal'.

Faktanya, memperbesar payudara tak harus selalu lewat prosedur medis. Ada berbagai cara alami untuk memperbesar payudara, salah satunya adalah dengan olahraga.

Terdapat olahraga tertentu yang dapat membantu meningkatkan kekuatan dan kekencangan otot dada. Hal ini yang membuat payudara tampak lebih besar dan membusung.

Olahraga untuk Memperbesar Payudara

1. Dumbbell Chest Press
Dumbbell chest press adalah olahraga yang cocok dilakukan oleh wanita untuk memperbesar payudara. Olahraga ini menyasar otot pectoral, yakni kelompok otot dada di area payudara.

Cara melakukan dumbbell chest press cukup mudah. Ambil dua buah dumbbell dan berbaringlah di atas bangku flat panjang. Angkat kedua dumbbell secara bersamaan dan turunkan dengan perlahan sampai kedua siku sejajar dengan tanah. Ulangi gerakan tersebut 7-12 kali dalam 2-3 repetisi.

Perlu diingat, jangan terlalu terburu-buru dalam mengangkat dumbbell dan biarkan tubuh merasakan beban agar hasil yang didapat lebih maksimal.

2. Dumbbell Pec Fly
Latihan selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memperbesar payudara adalah dumbbell pec fly. Berbeda dengan latihan chest press yang fokus pada kekuatan, latihan pec fly lebih bertujuan untuk meregangkan otot dada sehingga membuatnya tampak 'mengembang'.

Untuk melakukan dumbbell pec fly, ambil posisi yang sama dengan dumbbell chest press. Tapi alih-alih mengangkat ke atas, ayunkan tangan ke samping secara perlahan sambil menahan beban dari dumbbell. Agar lebih mudah, kencangkan otot perut selama melakukan gerakan ini untuk memberikan tenaga ekstra. Ulangi sebanyak 7-12 kali dalam 2 repetisi.

3. Dumbbell Pullover
Dumbbell pullover cocok dilakukan untuk memperbesar otot dada bagian atas. Dengan melatih otot ini, payudara terasa lebih kencang dan berisi saat digenggam.

Untuk melakukan latihan ini cukup menggunakan satu dumbbell saja. Ambil posisi berbaring di atas bangku flat panjang, dan pegang gagang dumbbell dengan kedua tangan. Ayunkan secara perlahan ke atas hingga melewati kepala, tahan selama beberapa saat, kemudian angkat kembali hingga posisi dumbbell berada di atas dada. Ulangi gerakan ini 10-12 kali dalam 2 repetisi.

4. Push-up
Tidak punya dumbbell untuk latihan? Tenang, karena olahraga memperbesar payudara juga bisa dilakukan tanpa alat. Salah satu caranya adalah dengan push-up.

Push-up juga dapat dilakukan dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Beragam variasi push-up dapat melatih otot dada yang berbeda. Hal yang perlu diingat dalam melakukan push-up adalah untuk selalu mengencangkan perut dan memastikan posisi kedua tangan tidak terlalu lebar guna menghindari cedera.

5. Variasi Plank
Plank sejatinya adalah olahraga yang lebih fokus melatih otot perut. Namun, beberapa variasi plank juga bisa dilakukan untuk melatih otot dada.

Contohnya seperti up-down plank, elbow plank and reach, dan plank walk. Selain melatih otot dada, berbagai variasi gerakan plank juga bisa mengencangkan otot perut dan paha, sehingga jadi poin plus tersendiri.

6. Dip
Olahraga memperbesar payudara lain yang dapat dilakukan dengan mudah adalah dip. Ada banyak variasi dip yang bisa dilakukan, tapi yang paling praktis adalah chair dip dengan menggunakan kursi atau platform yang datar.

Untuk melakukan dip, posisikan tangan selebar bahu pada kursi, kemudian angkat tubuh secara perlahan dengan menggunakan tangan. Kencangkan otot perut dan tekuk lutut untuk lebih memfokuskan beban dan tenaga pada kedua tangan. Latihan dip dapat membentuk otot dada bagian samping, sehingga memberikan kesan payudara yang lebih besar dan bulat.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Nggak Perlu Operasi, Ini 6 Olahraga Sederhana yang Bisa Perbesar Payudara"