Hagia Sophia

20 November 2023

Beberapa Olahraga Ini Bisa Kecilkan Perut yang Buncit

Ilustrasi olahraga. (Foto: Getty Images/iStockphoto/chanakon laorob)

Olahraga selalu menjadi salah satu metode yang direkomendasikan banyak orang untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badan. Hanya saja di zaman yang serba sibuk seperti sekarang, tidak semua orang memiliki waktu luang untuk berolahraga setiap hari.

Bagi mereka yang punya rutinitas segudang, weekend atau akhir pekan kerap menjadi satu-satunya waktu yang ideal untuk berolahraga. Nah, apa saja sih jenis olahraga yang bisa dilakukan saat weekend untuk membantu mengecilkan perut? Berikut pembahasannya.

Ragam Olahraga untuk Mengecilkan Perut

1. Latihan Beban
Latihan beban merupakan salah satu olahraga untuk mengecilkan perut yang paling efektif. Selain bisa memangkas berat badan, latihan beban juga bisa sekaligus untuk membentuk otot tubuh.

Dikutip dari Healthline, latihan beban dapat membakar kalori lebih banyak dibanding olahraga lainnya. Karena itu, semakin banyak otot yang dimiliki, maka semakin banyak pula kalori yang bisa dibakar.

Selain itu, ketika sesi angkat beban selesai, tubuh masih akan melakukan pembakaran kalori selama 24-48 jam ke depan. Hal inilah yang membuat latihan beban cocok dilakukan untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badan.

2. Jogging
Jogging paling ideal dilakukan di pagi hari saat kondisi udara masih segar. Namun, tidak semua orang memiliki waktu luang untuk bisa jogging setiap hari.

Karena itu, Sabtu atau Minggu pagi menjadi waktu yang pas untuk melakukan jogging. Dikutip dari WebMD, melakukan jogging selama 30 menit berpotensi untuk membakar hingga 671 kalori.

Selain membantu menurunkan berat badan, jogging juga bisa melatih kekuatan otot jantung dan paru-paru. Alhasil, tubuh bisa melakukan pekerjaan yang lebih berat tanpa harus memaksa kedua organ tersebut untuk bekerja keras. Hal ini secara tidak langsung mencegah risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung, stroke, dan lain sebagainya.

3. Jumping Jacks
Karena satu dan lain hal, banyak orang yang mungkin tetap tidak bisa pergi ke gym atau beraktivitas di luar rumah saat weekend. Untungnya, ada banyak olahraga dalam ruangan yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut.

Salah satunya adalah jumping jacks. Jumping jacks adalah olahraga kardio yang mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Meski mudah, olahraga ini ternyata memiliki manfaat yang besar dalam membantu menurunkan berat badan. Dikutip dari Healthline, seseorang yang melakukan jumping jacks secara intens bisa membakar 8 kalori setiap menitnya. Jadi semakin intens dan lama durasinya, maka semakin banyak pula kalori yang bisa dibakar dengan olahraga simpel ini.

4. Squats
Ingin mengecilkan perut, paha, dan bokong selama weekend? Kalau iya, maka squats adalah olahraga yang paling tepat untuk dilakukan. Squats sendiri merupakan salah satu olahraga terbaik untuk mereka yang ingin memangkas berat badan.

Dikutip dari Healthshots, gerakan squats melibatkan banyak otot tubuh sehingga bisa membantu membakar lebih banyak kalori. Squats juga bisa mengencangkan tubuh bagian bawah, seperti paha, bokong, kaki, dan betis, sehingga membuatnya tampak lebih ramping.

Selain itu, squats juga dapat memperkuat tubuh bagian bawah, serta meningkatkan keseimbangan dan mobilitas tubuh.

5. Plank
Plank adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk mendapatkan perut sixpack seperti atlet dan binaragawan. Namun, olahraga ini ternyata juga bisa dilakukan untuk membakar kalori dan mengecilkan perut loh.

Dikutip dari Healthline, plank yang dilakukan dengan tepat dapat membakar 2-5 kalori per menit. Artinya, dengan melakukan plank selama 10 menit saja sudah bisa membakar 20-50 kalori.

Selain mengecilkan dan membentuk otot perut, plank juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh dengan cara memperkuat otot yang menopang tulang belakang, meningkatkan fleksibilitas bahu dan kaki, serta mengurangi risiko sakit punggung.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit, Cocok Dilakukan saat Weekend"