Hagia Sophia

20 November 2023

Beberapa Makanan Tinggi Protein dan Membuat Kenyang Lebih Lama

Telur adalah salah satu makanan berprotein tinggi. (Foto: iStock)

Protein adalah nutrisi penting yang berperan sebagai pembangun sel dan membantu mempertahankan massa otot. Rata-rata orang dewasa membutuhkan 0,8 gram protein per kilogram berat badannya. Kebutuhan protein seseorang dapat bervariasi tergantung aktivitas fisik dan riwayat kesehatan masing-masing.

Banyak studi yang telah menemukan bahwa makanan berprotein tinggi dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Oleh karena itu, beberapa orang menerapkan diet tinggi protein untuk menurunkan berat badan.

Ada banyak makanan kaya protein yang mudah ditemukan bahkan dengan harga terjangkau. Dikutip dari Insider, inilah beberapa makanan kaya protein yang bisa membuat rasa kenyang tahan lama.

1. Dendeng
Seorang ahli gizi menyebutkan bahwa 100 gram dendeng mengandung sekitar 30 hingga 40 gram protein. Makanan ini termasuk masakan tradisional Indonesia yang kerap dicampur dengan sambal balado.

Namun tetap berhati-hati saat ingin mengonsumsi dendeng yang dijual dalam kemasan. Tetap membaca label nutrisinya karena tiap kemasan mengandung kadar protein yang berbeda. Belum lagi ada bahan tambahan seperti gula juga garam yang sebaiknya dihindari.

2. Tempe
Tempe adalah produk kedelai yang mengandung banyak protein. Tak hanya populer di Indonesia, tempe telah menjadi makanan pilihan bagi vegan dan vegetarian mancanegara karena proteinnya tidak berasal dari hewan. Dalam 100 gram tempe matang mengandung hampir 20 gram protein.

3. Kacang Arab
Menurut United States Department of Agriculture (USDA), 100 gram chickpeas atau yang dikenal dengan kacang arab mengandung 19 gram protein. Kacang arab bisa dinikmati dengan memanggangnya, menambahkannya ke dalam salad, atau langsung dimakan sebagai camilan.

4. Telur
Telur memiliki kadar kalori yang rendah dan mengandung banyak protein. Umumnya, telur berukuran besar mengandung sekitar 6 gram protein dan 72 kalori.

Ada banyak cara untuk memasak telur sebagai menu diet. Bisa dengan cara sederhana seperti membuat telur dadar untuk sarapan atau telur rebus yang dijadikan topping salad.

5. Kacang Edamame
Kacang edamame merupakan sumber protein padat. Setengah cangkir kacang edamame utuh mengandung sekitar 7 gram protein.

Kacang ini menjadi pilhan yang bagus bagi yang diet dengan mengurangi makanan hewani. Mengonsumsi edamame akan mendapatkan protein sekaligus serat yang juga penting dalam proses diet.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan Tinggi Protein yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Diet"