Hagia Sophia

20 November 2023

Walau Kesehatannya Mulai Membaik, Luhut Belum Boleh Pulang ke RI

Foto: Kondisi Luhut di Singapura (dok Facebook Luhut Binsar Pandjaitan)

Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan telah selesai menjalani perawatan intensif di General Hospital Singapura. Ia sempat dirawat pasca mengalami kelelahan yang luar biasa sepulang kerja.

Namun, Luhut sampai saat ini masih berada di Singapura. Meski kondisinya mulai membaik, ia masih tetap belum diperbolehkan pulang ke Indonesia.

"Tiga hari yang lalu, sejujurnya saya sudah diperbolehkan keluar dari General Hospital Singapore," jelas Luhut dalam postingan terbarunya di Instagram pribadi, seperti dilihat detikcom Sabtu (18/11/2023).

"Namun, belum bisa pulang ke Tanah Air karena masih menjalani rawat jalan guna memastikan kondisi saya pulih sepenuhnya," lanjut dia.

Lewat postingan terbarunya di Instagram miliknya, Luhut mengatakan sudah bisa kembali berolahraga secara intens. Saat ini, ia sedang rutin jalan kaki setiap hari.

"Saya sudah tiap hari jalan sekarang. Ya bertahap, satu setengah kilometer, dua kilometer," ungkapnya.

"Saya tadi sudah mulai angkat beban sedikit, ya sudah mulai sedikit plank juga tadi, walaupun baru 15 detik," kata Luhut.

Setelah dirawat hampir sebulan penuh, Luhut merasa kondisinya tidak ada yang berbeda sebelum dan pasca sakit. Ia bersyukur kondisinya sudah semakin pulih.

Luhut merasa yang berbeda hanya di bagian rambutnya yang hampir seluruhnya memutih. Dia merasa hal itu menjadi tanda bahwa dirinya sudah rindu kembali ke Indonesia.

"Yang beda hanya warna rambut saja perlu disemir ulang," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Luhut Belum Boleh Pulang ke RI Meski Kondisi Membaik, Ini Alasannya"