Hagia Sophia

20 November 2023

Beberapa Makanan Rendah Kalori yang Bantu Turunkan BB

Foto: Shutterstock

Sebagian orang yang sedang berusaha menurunkan berat badannya, sangat memperhatikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mencegah kelebihan kalori yang dikonsumsi, salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan mencampurkan makanan rendah kalori ke dalam menu diet.

Makanan rendah kalori bisa dipasangkan dengan makanan berkalori dan kaya nutrisi sebagai bagian dari rencana penurunan berat badan yang sehat. Untungnya banyak makanan rendah kalori yang bisa dipadukan dengan makanan yang lebih mengenyangkan. Dikutip dari Healthline, inilah beberapa makanan rendah kalori yang membantu menurunkan berat badan.

1. Apel
Selain bergizi dan banyak digemari orang-orang, apel menjadi salah satu makanan dengan kalori yang sangat rendah. Irisan apel sebanyak 109 gram mempunyai 62 kalori dan hampir tiga gram serat makanan.

Tak hanya rendah kalori, buah ini juga menjadi sumber nutrisi yang baik seperti serat, vitamin C, potasium, serta senyawa antioksidan.

2. Brokoli
Brokoli yang telah dimasak dengan berat 115 gram, hanya memiliki 54 kalori. Jika sayuran silangan ini dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menurunkan risiko terkena penyakit tertentu, termasuk penyakit jantung dan juga kanker.

3. Wortel
Sayuran yang memiliki cita rasa manis ini, kaya akan senyawa karotenoid yang penting untuk kesehatan mata. Irisan wortel sebanyak 112 gram hanya memiliki 50 kalori.

4. Pepaya
Pepaya dengan ukuran 157 gram hanya memiliki 68 kalori. Tak hanya rendah kalori, buah yang umumnya tumbuh di daerah tropis ini juga kaya akan vitamin dan mineral.

5. Stroberi
Hanya ada 53 kalori dalam irisan stroberi seberat 166 gram. Menurut sebuah studi, mengonsumsi buah beri seperti stroberi secara teratur dapat membantu melindungi diri dari penyakit jantung dan alzheimer.

6. Mentimun
Kalori yang ada pada mentimun tak kalah rendah, karena sebagian besar di dalamnya adalah air. Jadi tak heran jika timun seberat 52 gram hanya mengandung 23 kalori.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Makanan Rendah Kalori yang Nggak Bikin Pusing Picu BB Naik"