Hagia Sophia

20 December 2023

Bayi Asal Vietnam Ini Lahir dengan Miliki Ekor Sepanjang 14 Cm

Ilustrasi bayi (Foto: iStock)

Dokter dari Rumah Sakit Anak Thanh Hoa, Vietnam, berhasil melakukan operasi bedah untuk menghilangkan 'ekor' sepanjang 14 cm dari bayi berusia empat bulan. Bayi berinisial NVP tersebut diketahui merupakan penduduk di Distrik Ngoc Lac, Provinsi Thanh Hoa, Vietnam.

Awalnya, Departemen Trauma dan Ortopedi di RS tersebut menerima pasien berusia 4 bulan dengan keluhan ekor abnormal di daerah sacrococcygeal atau tulang ekor. Adapun 'ekor' tersebut sudah ada sejak bayi tersebut lahir, dan terus memanjang seiring berjalannya waktu.

Bayi tersebut kemudian menjalani tes dasar dan pencitraan resonansi magnetik di bagian otak serta tulang belakang. Hasilnya menunjukkan adanya meningocele, suatu kondisi cacat lahir di bagian meninges menembus tengkorak atau tulang punggung, menyebabkan area menonjol di bawah kulit. Kondisi tersebut seringkali berupa embel-embel seperti ekor.

Bayi 4 bulan terlahir dengan 'ekor', panjanganya 14 Cm. Foto: Rumah Sakit Anak Thanh Hoa Vietnam

Tak hanya itu, pencitraan resonansi magnetik tulang belakang juga menunjukkan tumor lipoma tulang belakang berukuran 2 x 4 cm, disertai syringomyelia, perlekatan sumsum tulang rendah, dan lengkungan posterior vertebra tulang ekor yang terbuka.

Walhasil, para dokter kemudian menyetujui rencana pembedahan untuk pasien. Adapun tim bedah meliputi MSc Du Van Nam, BSCKI, Bui Minh Hai, Departemen Trauma dan Ortopedi dan Ahli anestesi MScBSCKII, Le Van Thuan.

Dokter bedah memotong sisa 'ekor', membuka kapsul hernia untuk mengangkat tumor lemak yang menempel di sumsum tulang belakang. Selanjutnya, dokter juga membentuk dan menutup dura mater, serta menutup lubang hernia.

Setelah 2 jam, operasi selesai, anak tersebut kemudian menjalani perawatan intensif. Ia kemudian diperbolehkan pulang setelah dirawat 10 hari tanpa adanya keluhan apapun.

"Meningocele adalah kelainan bawaan sistem saraf, ada banyak bentuk penyakitnya, dengan banyak bentuk eksternal yang berbeda. Penyakit ini seringkali menimbulkan banyak komplikasi serius di kemudian hari," ucap M D Du Van Nam, Kepala tim bedah, dikutip dari laman Rumah Sakit Anak Thanh Hoa, Vietnam.

"Jika pasien menerima pembedahan dan pengobatan yang tepat, banyak gejala sisa yang dapat diminimalkan," lanjutnya lagi.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Heboh Bayi di Vietnam Terlahir dengan 'Ekor', Panjangnya 14 Cm"